Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbedaan Transfer Uang RTGS, Kliring, dan Real Time

Simak perbedaa transfer uang dengan metode RTGS, kliring, dan real time yang perlu Anda ketahi
Ilustrasi ATM Link /Istimewa
Ilustrasi ATM Link /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Ketika Anda melakukan transfer uang melalui bank, Anda akan dihadapkan dengan pilihan sistem transfer yang anda pilih, entah RTGS, kliring, atau real time.

Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, melakukan transfer terdapat beberapa sistem yang ada untuk memudahkan transfer yang Anda lakukan. Terdapat tiga sistem yang sering dipakai dan dikenal oleh masyarakat, yaitu RTGS, kliring, dan real time.

Ketiga sistem tranfer tersebut memiliki fungsinya sendiri dan terdapat perbedaan antar ketiganya. Dilansir dari laman OCBC NISP pada Kamis (10/3/22) berikut perbedaan dari ketiga sistem tersebut.

Apa itu RTGS, Kliring, dan Real Time?

Real-Time Gross Settlement atau RTGS adalah salah satu tipe pembayaran untuk mengirimkan uang dalam jumlah besar. RTGS menjadi opsi bagi nasabah yang mau melakukan transaksi pembayaran dengan nominal lebih dari Rp 100 juta.

Lalu Lintas Giro atau LLG adalah metode mentransfer uang menggunakan fasilitas kliring bank. Hal itu membuat LLG lebih dikenal sebagai Sistem Kliring Nasional (SKN) atau kliring oleh sebagian banyak orang.

RTGS dan LLG memerlukan waktu berjam-jam sampai berhari-hari untuk bisa mengirim uang. Sedangkan real time atau dikenal juga transfer online adalah pengiriman uang yang waktu prosesnya lebih cepat.

Apa Perbedaan RTGS, Kliring, dan Real Time?

Fungsi utama RTGS adalah mentransfer uang ke rekening tujuan secara real time. Namun, hal itu bukan berarti uang yang dikirim akan diterima di menit dan detik yang tepat. Sebab, proses pembayaran ini juga membutuhkan waktu tertentu.

Pada umumnya, lamanya proses pengiriman uang menggunakan RTGS adalah 4 jam atau mungkin bisa lebih cepat sampai ke rekening penerima. Kemudian Anda juga akan dikenakan biaya RTGS ketika proses transaksi pengiriman.

Lalu, Perbedaan LLG dan RTGS adalah dari segi waktu pemrosesan pengiriman uang. Jika waktu yang dibutuhkan RTGS adalah rata-rata 4 jam, maka LLG memerlukan waktu lebih lama untuk uang dapat sampai ke rekening penerima.

Saat menggunakan kliring, proses pengiriman uang mampu menghabiskan waktu kurang lebih 2-3 hari. Sebab, bank harus memeriksa terlebih dulu apakah saldo rekening pengirim mencukupi atau tidak.

Sedangkan untuk real time sendiri, ini adalah teknik yang dipakai saat Anda melakukan transfer online seperti menggunakan m-banking, internet banking, dan ATM. Dengan kata lain, teknik real time adalah teknik yang paling sering digunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan sehari-hari.

Biaya Administrasi RTGS, Kliring, dan Real Time

Dari ketiga sistem diatas, tentu biaya administrasi terdapat perbedaan juga. Secara umum, biaya transfer RTGS adalah mulai dari Rp25 ribu hingga Rp50 ribu tergantung pada kebijakan bank yang Anda gunakan.

Sedangkan untuk kliring Bank Indonesia atau SKNBI menetapkan biaya administrasi kliring adalah maksimal Rp2.900 per sekali pengiriman.

Untuk real time, Biaya administrasi yang dikenakan pada transaksi real time yaitu Rp6.500 untuk transfer ke rekening beda bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper