Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Mengelola Uang THR Untuk Tabungan Masa Depan

THR bisa ditabung untuk kebutuhan masa depan, diinvestasikan, dan dialokasikan untuk kebutuhan dana darurat.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 23 April 2022  |  08:43 WIB
THR bisa digunakan untuk investasi, dana pensiun, dan kebutuhan dana darurat - istimewa
THR bisa digunakan untuk investasi, dana pensiun, dan kebutuhan dana darurat - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tunjangan hari raya (THR) telah ditunggu-tunggu masyarakat menjelang Lebaran. Namun, bagaimana cara mengelola THR dengan tepat.

Jika tidak cermat, THR akan habis begitu saja, mengingat kebutuhan menjelang Lebaran sangatlah banyak. Mulai dari membagikan THR kepada orang tua, adik-adik, keponakan, membelikan baju baru dan memasak berbagai macam hidangan khas Lebaran yang lezat. 

Simak 5 tips mengelola THR sebagai tabungan di masa depan:

1. Bertekad untuk menabung

Mengutip dari siaran pers Zipmex, Sabtu (23/4/2022), bagi Anda yang sudah menerima THR, sebaiknya uang tersebut tidak dibelanjakan seluruhnya. Sisihkan uang THR Anda untuk ditabung.

Menabung dapat mencegah Anda untuk berperilaku konsumtif dengan membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Mulai menabung sekecil apapun, sangat berarti untuk dapat membentuk kebiasaan baik di masa depan. 

2. Alokasikan sebagian untuk dana darurat

Dana darurat berfungsi sebagai sumber dana yang dapat Anda gunakan untuk hal-hal yang tidak terduga seperti saat terkena PHK, munculnya pandemi, kebutuhan mendadak, dan lain sebagainya.

Dana darurat merupakan salah satu bagian dalam perencanaan keuangan yang wajib dimiliki, karena dapat mencegah Anda memiliki hutang, menutupi biaya mendesak, bahkan dapat menjadi dana untuk masa depan.

3. Sisihkan untuk memenuhi kebutuhan asuransi

Asuransi sangat penting untuk dimiliki di saat ini. Memiliki asuransi dapat dikategorikan sebagai menabung, karena asuransi dapat berguna untuk keadaan-keadaan mendesak di luar ekspektasi dan tidak diinginkan seperti saat kecelakaan, kematian, dan lainnya. Kerugian-kerugian atas kejadian tersebut dapat diminimalisasi dengan asuransi yang sudah Anda miliki.

4. Menyiapkan dana pensiun sedikit demi sedikit

Tabungan pensiun dapat menjadi jaminan di hari tua Anda saat usia Anda sudah tidak produktif lagi. Hal tersebut dilakukan agar kebutuhan di masa tua bisa terpenuhi. Menggunakan uang THR untuk dialokasikan ke dana pensiun merupakan suatu hal yang bijak. 

5. Perluas portofolio investasi Anda

Dengan Anda mengalokasikan THR Anda untuk berinvestasi, Anda dapat memiliki masa depan yang aman dan tenang. Saat ini sudah banyak instrumen investasi yang memudahkan Anda untuk mulai berinvestasi.

Dari mulai emas, saham, reksadana sampai kripto. Akhir-akhir ini kripto menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dan menjadi salah satu dari lima instrumen investasi terpopuler bersama dengan emas. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dana pensiun thr tips keuangan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top