Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KB Bukopin (BBKP) Berminat Ekspansi ke Dunia Metaverse

KB Bukopin tengah dalam proses menggali potensi layanan perbankan di dunia metaverse, mulai dari basic banking.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 27 April 2022  |  06:58 WIB
Nasabah memperlihatkan buku tabungan di Bank KB Bukopin di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/1/2022). Bisnis - Paulus Tandi Bone
Nasabah memperlihatkan buku tabungan di Bank KB Bukopin di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/1/2022). Bisnis - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank KB Bukopin Tbk. atau BBKP menyatakan pihaknya tengah dalam proses menggali potensi layanan perbankan di dunia metaverse.

Hal ini juga mengingat beberapa perbankan di Indonesia yang telah mengepakkan sayapnya untuk mengembangkan layanan perbankan di metaverse.

“Kami sedang dalam proses menggali potensi layanan perbankan di metaverse, mulai dari basic banking seperti virtual branch hingga layanan yang bersifat beyond banking,” kata Corporate Secretary KB Bukopin, Slamet Haryanto Pradhana kepada Bisnis, Senin (25/4/2022).

Dhana menyatakan emiten bersandi saham BBKP ini mendapatkan dukungan penuh dari KB Financial Group untuk ekspansi layanan perbankan di metaverse.

“Metaverse merupakan platform yang berbasis teknologi AR, VR, dan AI yang mampu mewujudkan interaksi di dunia virtual yang sangat unik dan selayaknya seperti urban lifestyle di kehidupan nyata,” ulasnya.

Menurut Dhana, metaverse merupakan tempat yang ideal untuk melakukan ekspansi bisnis digital secara menyeluruh tanpa dibatasi oleh ruang fisik.

Adapun, KB Bukopin melihat bahwa kehadiran industri jasa keuangan di metaverse ini baru memasuki tahap pengembangan awal.

Untuk ke depannya tidak tertutup kemungkinan metaverse akan menjadi lokasi berkembangnya future banking yang berbasis advanced technologysehingga masa depan perbankan digital tentu akan sangat berbeda dengan apa yang kita lihat pada hari ini,” pungkasnya.

Adapun sejauh ini hanya tiga bank BUMN di Indonesia yang telah menyatakan komitmen ekspasi ke metaverse. BRI (BBRI), BNI (BBNI), dan Bank Mandiri (BMRI) telah berkerja sama dengan WIR Group untuk membangun layanan perbankan di ruang digital baru tersebut.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan bukopin metaverse
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top