Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelantikan Komisioner Baru Dipercepat, OJK Siapkan Tim Transisi Sejak 18 Mei 2022

Berdasarkan informasi yang diterima Bisnis, pelantikan Anggota Dewan Komisioner OJK 2022–2027 akan dilaksanakan besok, Selasa 24 Mei 2022, lebih cepat dibandingkan dengan rencana awal, yakni Juli 2022.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 23 Mei 2022  |  13:20 WIB
Ketua Dewan Mahendra Siregar saat mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi XI DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022).  - Antara Foto/Galih Pradipta
Ketua Dewan Mahendra Siregar saat mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi XI DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022). - Antara Foto/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA — Pelantikan anggota dewan komisioner (ADK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dipercepat. Pada rencana awal komisioner terpilih dilantik pada Juli 2022. Akan tetapi berdasarkan informasi yang diterima Bisnis, pelantikan akan dilaksanakan besok, Selasa (23/5/2022) di Mahkamah Agung. 

Terkait pelantikan tersebut, OJK telah menyiapkan tim transisi yang dikoordinasikan oleh Deputi Komisioner Humas dan Kelogistikan OJK Anto Prabowo. Tim ini telah mendapatkan persetujuan sejak 18 Mei 2022. 

Anto mengatakan ADK OJK di bawah pimpinan Wimboh Santoso telah bertemu dengan ADK terpilih periode 2022-2027. Dia menuturkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan dalam transisi kepemimpinan OJK adalah menyiapkan isu atrategis sebagai lampiran Berita Acara Serah Terima (BAST) di setiap pembidangan dari ADK OJK.

Hal tersebut akan terus diperbarui sampai dengan tanggal pelaksanaan pengucapan sumpah atau janji di depan Ketua Mahkamah Agung, sebagaimana diatur dalam UU OJK.

Tim Transisi, lanjutnya, juga menyiapkan sekretariat yang dipimpin oleh direktur humas untuk menyiapkan hal teknis persiapan proses peralihan. Anto menyatakan hal perlu harus dilakukan agar kegiatan transisi kepemimpinan berjalan dengan baik.

"Ini sebagai komitmen memastikan kelancaran baik dalam teknis pelaksaaan transisi dan memastikan ADK tetap dapat melanjutkan proses kepemimpinan OJK ke depan," kata Anto, Senin (23/5/2022).

Anto pun menegaskan bahwa otoritas akan berkoordinasi dengan Mahkamah Agung kapan pun pelantikan ADK OJK 2022-2027 berlangsung.

"Kami sudah mendapatkan arahan dari Rapat Dewan Komisioner atas informasi percepatan ini dan secara simultan memfinalisasi Info Strategis BAST dan teknis pelaksanaan pengambilan sumpah," pungkasnya.

Adapun berikut susunan Anggota Dewan Komisioner OJK 2022-2027:

- Ketua Dewan Komisioner: Mahendra Siregar

- Wakil Ketua Dewan Komisioner: Mirza Adityaswara

- Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan: Dian Ediana Rae

- Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal: Inarno Djajadi

- Kepala Eksekutif Pengawas IKNB: Ogi Prastomiyono

- Ketua Dewan Audit: Sophia Issabella Watimena

- Anggota yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen: Friderica Widyasari Dewi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

OJK wimboh santoso dewan komisioner ojk
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top