Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

FIF Group Salurkan Rp1,9 Miliar ke 550 UMKM Tahun Ini

Sejak 2016 sampai dengan 2021, total penerima bantuan sebanyak 803 UMKM dengan dana yang digulirkan lebih dari Rp2,31 miliar.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 27 Mei 2022  |  06:55 WIB
Pekerja beraktifitas di dekat logo FIF Group, Jakarta, Sabtu (29/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Pekerja beraktifitas di dekat logo FIF Group, Jakarta, Sabtu (29/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — PT Federal International Finance (FIF Group), salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk. (ASII), menyalurkan dana bergulir kepada 550 UMKM beserta pembinaan bersama Astra dan yayasan di bawah Astra. Kegiatan ini sebagai rangkaian perayaan hari ulang tahunnya yang ke-33 tahun pada Mei 2022.

Bantuan tersebut merupakan pinjaman tanpa bunga yang diharapkan dapat meringankan beban serta membantu memajukan UMKM dengan baik. Pada 2022 ini, sekitar Rp1,9 miliar dana sosial syariah FIF Group disalurkan kepada lebih 550 UMKM.

Chief Executive Officer FIFGroup Margono Tanuwijaya mengatakan, mengacu pada arahan dari Astra (President Letter Astra 2022), terdapat Astra Triple-P Roadmap Strategy (portfolio, people, public contribution): Sustainability Framework, di mana berfokus pada kegiatan yang menyasar pada program yang membawa dampak nyata dan optimal.

"Hal ini untuk mendukung environment, social, and governance (ESG) dengan mendorong penerapan program keberlanjutan Sustainability Development Goals (SDGs) nomor 8, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, salah satu inisiatif yang FIFGroup lakukan adalah melalui program dana bergulir, yaitu pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah [UMKM],” ujar Margono melalui siaran pers, Rabu (25/5/2022).

Pada program ini, FIFGroup menyalurkan bantuan modal yang berasal dari dana sosial syariah, yang berfokus pada pengembangan UMKM, yaitu pemanfaatan dan penyaluran dana sosial syariah yang tepat serta efektif kepada masyarakat yang mengedepankan transparansi.

Sejak 2016 sampai dengan 2021, total penerima bantuan sebanyak 803 UMKM dengan dana yang digulirkan lebih dari Rp2,31 miliar. Di tahun 2022, target FIFGroup adalah 550 UMKM dengan total dana bantuan sebesar Rp1,9 miliar. Sehingga total penerima bantuan dana bergulir sebanyak 1.353 UMKM dengan nominal bantuan sebesar Rp4,2 miliar. FIFGroup terus berupaya hadir di tengah para pelaku usaha UMKM agar dapat terus bergerak dan berperan dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Tidak hanya bantuan dana tanpa bunga yang akan diterima oleh pelaku UMKM, melainkan dalam setahun ke depan ada pelatihan serta webinar dalam rangka meningkatkan pengetahuan terkait usaha yang dijalankan.

Dalam kegiatan dana bergulir ini, FIFGroup tetap melakukan pemantauan terhadap tingkat kesehatan UMKM dengan index current rate, yaitu persentase kelancaran pengembalian dana yang dibayarkan tidak melebihi tanggal jatuh tempo pada bulan berjalan. Target current rate adalah sebesar 93,5 persen dan current rate UMKM FIFGroup berada di angka 99,1 persen, artinya hampir seluruh UMKM ini sehat dan berkomitmen untuk mengembalikan dana bergulir dengan tingkat pengembalian yang relatif tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance astra fif group
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top