Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri BUMN Erick Thohir Berharap Bank Mandiri Percepat Transaksi Digital di Pasar

Program ini diharapkan Erick Thohirdapat memperluas akseptasi pembayaran digital lewat penggunaan QR Code Indonesian Standars (QRIS) Livin usaha untuk pedagang.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 14 Agustus 2022  |  12:22 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir Berharap Bank Mandiri Percepat Transaksi Digital di Pasar
Pegawai melakukan transaksi menggunakan Livin by Mandiri di Jakarta, Selasa (26/7/2022). Bisnis - Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri BUMN Erick Thohir menyambut baik inisiasi Bank Mandiri terkait fitur Livin' Pasar untuk bertransaksi.

"Program ini akan memberi banyak manfaat bagi pedagang sehingga saya terus dorong agar direplikasi di sebagian besar pasar rakyat atau tradisional," kata Erick dalam keterangannya, Minggu (14/8/2022).

Sebelumnya, Livin' Pasar hadir di Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Kiri program tersebut menyasar Pasar Induk Caringin, Jawa Barat.

Program ini diharapkan dapat memperluas akseptasi pembayaran digital lewat penggunaan QR Code Indonesian Standars (QRIS) Livin usaha untuk pedagang.

Erick juga mendorong program ini guna mempercepat digitalisasi pasar yang diproyeksi dapat bersinergi dengan pemerintah pusat, daerah juga regulator dalam kegiatan transaksi.

"Digitalisasi pasar akan memberi dampak positif berupa peningkatan kegiatan transaksi non tunai ke depan sehingga akan banyak pedagang dan pelaku UMKM naik kelas," ujarnya.

Untuk mengetahui pemanfaatana Livin' Pasar, Erick berkunjung langsung ke Pasar Induk Caringin Bandung didampingi oleh Bank Mandiri Regional CEO Kanwil Jawa 1 Bandung Wisnu Trihanggodo dan Bank Mandiri Regional Transaction Costumer Head Jawa I Briyan Nugroho.

Dia bertemu dengan sejumlah pedagang, mulai dari pedangan buah-buahan bernama Rizal (27), pedagang jengkol bernama Muhammad, dan pedagang sayuran bernama Saedah.

Ketiganya mewakili 1.530 pedagang di Pasar Induk Caringin yang telah menerapkan QRIS Livin' Usaha Bank Mandiri untuk bertransaksi.

"Tadi saya ngobrol dengan mereka, dan meski baru, tapi mereka merasakan transaksi cashless ini membantu berjualan secara grosir. Jika semakin banyak pedagang merasakan manfaat dan kemudahan bertransaksi secara non tunai, maka tentu tingkat inklusi keuangan kita juga akan makin meningkat," terangnya.

Kehadiran Erick di pasar tersebut juga menjadi saksi kerja sama antara Bank Mandiri dan Pengelola Pusat Perdagangan Caringin (BP3C) untuk menerapkan transaksi digital di pasar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

QRIS BUMN erick thohir bank mandiri
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top