Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Menghemat Uang? Contoh 9 Cara Warren Buffet Berikut Ini

Berikut adalah 9 cara berhemat Warren Buffett yang dapat membantu mengelola uang dengan bijak.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  14:13 WIB
Ingin Menghemat Uang? Contoh 9 Cara Warren Buffet Berikut Ini
Chairman dan CEO Berkshire Hathaway Inc. Warren Buffett ketika menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Berkshire Hathaway Inc. di Omaha, Nebraska, AS, Minggu (6/5/2019). - Bloomberg/Houston Cofield
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Warren Buffett mungkin dikenal sebagai milyuner dan investor sukses kelas dunia. Namun tidak seperti selebritas dan orang kaya lainnya, dia lebih suka menjalani hidup dengan sederhana.

Pria dengan julukan Oracle of Omaha ini investasi tersebut mempraktikkan hal-hal dasar untuk mengelola uang, termasuk  disiplin keuangan, menabung, dan melunasi utang.

CEO Berkshire Hathaway ini memiliki sejumah kebiasaan yang dapat dicontoh menerapkan beberapa strategi yang telah teruji. Berikut adalah 9 cara berhemat Buffett yang dapat membantu mengelola uang dengan bijak, seperti dilansir dari Yahoo Finance.

  1. Menempati Rumah yang Sama sejak 1958

Buffett awalnya membeli rumahnya di Omaha, Nebraska, AS senilai US$31.500. Kini nilai rumahnya mencapai US$289.000 dan sudah ditempati selama lebih dari 60 tahun, disaat sebagian besar miliarder membeli real estate mewah.

Namun, rumahnya tidak kecil. Rumah yang memiliki lima kamar tidur seluas 610 meter persegi ini telah mengalami banyak renovasi dan penambahan selama beberapa dekade yang bernilai sekitar US$1 juta hari ini. Rumah itu pun juga dilindungi oleh pagar dan kamera keamanan, serta kemungkinan besar juga diasuransikan/

Buffett tidak memiliki rencana untuk pindah, dia menyebut rumah itu sebagai “investasi terbaik ketiga yang pernah saya buat,” dalam sebuah surat tahun 2010 kepada pemegang saham Berkshire Hathaway.

  1. Hindari Meminjam Uang

KPR satu-satunya Buffett adalah di sebuah rumah liburan di Laguna Beach, California, AS yang dibeli pada 1971, meskipun dia pasti memiliki uang tunai untuk membeli properti tepi pantai senilai US$150.000 tersebut.

Dia mengaku mengambil pinjaman KPR 30 tahun karena berpikir dapat menggunakan uang yang tersedia untuk berinvestasi. Buffett memutuskan untuk menggunakan uang tersebut untuk membeli saham di Berkshire Hathaway dan kini perusahaan menghasilkan miliaran dolar.

Poin Buffett tentang tidak mengunci modal masih bergema. Jika Anda memiliki rumah, maka pilih opsi untuk membebaskan sebagian modal dengan melakukan refinancing dengan cepat pada tingkat historis rendah saat ini sebelum naik tahun ini.

  1. Kurangi Pengeluaran Makan

Buffett sering mengambil membeli Mickey D ketika dalam perjalanannya ke tempat kerja. Dia tidak suka menghabiskan lebih dari US$3,17 untuk sarapan.

“US$3,17 untuk membeli biskuit bacon, telur, dan keju, tetapi pasar sedang turun pagi ini, jadi saya akan melewatkan US$3,17 dan sarapan dengan $2,95,” katanya dalam film dokumenter HBO Becoming Warren Buffett.

  1. Membeli Mobil dengan Harga Diskon

Sebagian besar miliuner menyimpan koleksi mobil sport atau model vintage yang mencolok di garasi mereka, tetapi Buffett lebih memilih mobil yang dapat diperolehnya dengan harga lebih murah.

Dia mengganti mobil Cadillac DTS 2006 ke Cadillac XTS hanya dengan US$45.000 pada 2014. “Sebenarnya, saya hanya berkendara sekitar 5.600 km setahun, jadi saya akan sangat jarang membeli mobil baru,” katanya. 

  1. Tidak Boros Berbelanja

Buffett tidak terlalu peduli dengan setelan desainer atau model iPhone terbaru. Bahkan, dia mengandalkan ponsel flip seharga US$20 selama bertahun-tahun sebelum membeli smartphone Apple pada 2020.

Buffett menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan pernah berkata, “Jangan menabung apa yang tersisa setelah dibelanjakan, tetapi habiskan apa yang tersisa setelah menabung.”

Simpan dana Anda di rekening tabungan hasil tinggi atau portofolio investasi yang terdiversifikasi sehingga uang dapat tumbuh seiring waktu. Sisihkan uang lebih Anda untuk dana darurat atau pensiun daripada menghabiskan semuanya untuk belanja yang tidak penting.

  1. Tidak Berinvestasi dengan Uang Pinjaman

“Saya tidak pernah meminjam uang dalam jumlah yang signifikan dalam hidup saya. Tidak pernah. Tidak akan pernah. Saya tidak tertarik,” katanya kepada mahasiswa di Notre Dame pada 1991.

Meskipun Buffett muda pernah meminjam 25 persen dari kekayaan bersihnya untuk membeli saham, tetapi dia memperingatkan investor agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

  1. Melakukan Hal yang Disukai

Buffett memuji beberapa kesuksesannya karena hasratnya untuk berinvestasi. “Anda harus menyukai sesuatu untuk melakukannya dengan baik,” katanya, mendesak orang untuk mengambil pekerjaan yang mereka sukai, alih-alih posisi yang terlihat bagus di resume Anda.

Bahkan jika Anda tidak dapat berhenti dari pekerjaan penuh waktu untuk fokus pada hal yang benar-benar dinikmati, maka sempatkan waktu untuk beberapa hobi yang terjangkau. Misalnya, Buffett sangat senang bermain kartu dan ukulele.

  1. Cari Cara Kreatif untuk Menabung

Ketika anak pertama lahir, Buffet mengubah laci meja rias menjadi keranjang bayi. Untuk anak yang kedua, dia menyewa tempat tidur bayi.

“Jika Anda membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, maka Anda akan segera menjual barang-barang yang dibutuhkan,” kata Buffet.

Cari tahu cara kreatif untuk mengurangi pengeluaran sehingga dapat dialihkan ke hal yang lebih penting atau dapat ditabung.

  1. Belanja dengan Uang Tunai, Bukan Kartu Kredit

Di saat kebanyakan orang lebih memilih menggunakan kartu kredit untuk belanja sehari-harinya, Buffett lebih suka menggunakan uang tunai.

“98 dari pengeluaran saya. Jika saya di restoran, saya akan selalu membayar tunai. Ini lebih mudah,” ungkapnya kepada Pemimpin Redaksi Yahoo Finance Andy Serwer pada 2019.

Meskipun cara ini terdengar agak kuno, tetapi tidak mengandalkan kartu kredit dapat membantu mencegah pengeluaran uang yang tidak dimiliki, seperti membayar bunganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

warren buffett
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top