Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bayar Pakai QRIS Kini Dapat Digunakan di Thailand, Bisa Apa Saja?

Masyarakat di Indonesia dan Thailand dapat menggunakan aplikasi pembayaran yang terdapat pada gawai dengan memindai Thai QR Codes dan QRIS dalam bertransaksi.
Warga melakukan pembayaran secara non tunai melalui QRIS Bank DKI di RSU Adyaksa, Jakarta Timur/Bank DKI
Warga melakukan pembayaran secara non tunai melalui QRIS Bank DKI di RSU Adyaksa, Jakarta Timur/Bank DKI

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia dan Bank of Thailand resmi mengimplementasikan kerja sama pembayaran QR Code lintas negara (cross-border QR payment linkage).

Kerja sama ini sebelumnya telah diawali dengan fase uji coba pada 17 Agustus 2021 yang kemudian dilanjutkan dengan fase implementasi. Total ada 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara yang terlibat dalam kerja sama ini.

Melalui inisiatif ini, masyarakat Indonesia dan Thailand dapat menggunakan aplikasi pembayaran yang terdapat pada gawai dengan memindai Thai QR Codes dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dalam melakukan transaksi pembayaran di merchant.

QRIS merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Adapun QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama bank sentral agar proses transaksi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Selain itu, Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT) juga menyepakati inisiasi kerja sama transfer antarnegara melalui fast payment. Kedua bank sentral akan membahas lebih lanjut terkait dengan inisiatif tersebut.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan inisiatif mendorong digitalisasi pembayaran dan pembayaran lintas negara merupakan agenda prioritas dalam pembahasan Presidensi G20 Indonesia 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022.

Inisiatif tersebut, lanjutnya, bertujuan menghubungkan pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code nasional antarkedua negara. Sementara bagi Indonesia, inisiatif ini merupakan milestone Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang bakal diintegrasikan dengan kerangka kerja sama dalam mendorong penggunaan mata uang lokal.

“Inisiatif ini dipandang dapat memberikan lebih banyak pilihan bagi pengguna transaksi pembayaran lintas negara serta memegang peranan penting dalam meningkatkan efisiensi transaksi, mempromosikan ekonomi digital dan inklusi keuangan, serta memperkuat stabilitas makroekonomi melalui penggunaan mata uang lokal yang lebih luas,” ujarnya Senin (29/8/2022).

Gubernur Bank Sentral Thailand Sethaput Suthiwartnarueput menyampaikan kerja sama yang juga bagian dari ASEAN Payment Connectivity Initiative ini, menunjukan komitmen bersama dalam meningkatkan efisiensi dan menciptakan pembayaran lintas negara yang semakin inklusif.

Menurut Sethaput, QR cross border memungkinkan konsumen dan pedagang di kedua negara dapat melakukan dan menerima pembayaran barang dan jasa melalui QR Code secara instan, aman, dan efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper