Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Suku Bunga Acuan Naik, BCA Finance Luncurkan DP Mobil Murah untuk Pacu Bisnis

Segmen debitur yang masih ragu-ragu untuk kredit sebelum suku bunga bank dan multifinance mulai naik pada awal tahun depan akan tergoda dengan promo menarik. 
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 30 September 2022  |  05:27 WIB
Suku Bunga Acuan Naik, BCA Finance Luncurkan DP Mobil Murah untuk Pacu Bisnis
Pengunjung melintas di samping deretan bursa mobil bekas di Jakarta, Minggu (4/2). Tren penjualan mobil bekas di 2018 diprediksi meningkat disebabkan naiknya ragam produksi mobil baru terutama segemen Low Cost Green Car (LCGC). - Bisnis.com/Felix Jody Kinarwan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan PT BCA Finance berupaya merangkul segmen debitur dengan profil risiko lebih menantang, terutama mereka yang berpotensi mengurungkan niat mengambil cicilan kendaraan di era kenaikan suku bunga acuan. 

Direktur Utama BCA Finance Roni Haslim menjelaskan salah satu strategi dalam rangka membidik segmen debitur tersebut, yaitu dengan mulai mengakomodasi uang muka (down payment/DP) rendah. 

"Sekarang ini, pangsa pasar debitur potensial terbesar ada di segmen yang butuh DP kecil. Kami sekarang mulai masuk ke sana, walaupun dengan risiko lebih tinggi pula. Jadi DP untuk mobil baru maupun bekas BCA Finance saat ini bisa di 10 persen saja," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (29/9/2022). 

Pasalnya, segmen debitur yang masih ragu-ragu atau wait and see ini kemungkinan tengah mencari penawaran menarik, sebelum suku bunga bank dan multifinance mulai naik pada awal tahun depan. 

Oleh sebab itu, kendati segmen debitur DP rendah memiliki profil risiko lebih tinggi ketimbang debitur setia BCA Finance saat ini, mitigasi risiko dan penilaian kredit perlu lebih ketat untuk menghindari masalah ke depan. 

"Tentu untuk menerapkan strategi ini, mitigasi risiko kami perkuat. Mulai dari waktu persetujuan kredit sudah kami seleksi ketat. Data SLIK [Sistem Layanan Informasi Keuangan] kami manfaatkan sebagai acuan," tambahnya. 

Sebagai gambaran, perusahaan pembiayaan anak usaha PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) ini bahkan masih membuka promo suku bunga ringan dengan DP hanya 5 persen untuk mobil baru hingga 30 September 2022 untuk mobil penumpang dengan merek, tipe, dan wilayah tertentu. 

Pengenaan bunga BCA Finance untuk mobil baru jenis mobil penumpang dalam promo ini menawarkan 2,77 persen untuk tenor 1 tahun, kemudian tenor 2 tahun 3,33 persen, tenor 3 tahun 3,55 persen, dan tenor 4 tahun 4,11 persen. 

Sementara untuk mobil bekas dengan DP 10 persen, BCA Finance menawarkan bunga premium 7,5 persen untuk tenor 1 sampai 4 tahun. Adapun, BCA Finance juga memungkinkan tenor mobil bekas sampai 6 tahun. 

BCA Finance optimistis masih bisa mencetak penyaluran pembiayaan baru menyentuh Rp28 triliun pada akhir tahun nanti, atau naik sekitar 14 persen (year-on-year/yoy) ketimbang tahun lalu, yaitu Rp24,4 triliun. Sementara realisasi pembiayaan baru sampai Agustus 2022 telah mencapai Rp20,28 triliun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca finance
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top