Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kejar Modal Inti Rp3 Triliun, Bank Capital Gelar Private Placement

CG Investama akan menyuntik modal ke Bank Capital Indonesia (BACA) melalui private placement.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 15 November 2022  |  11:00 WIB
Kejar Modal Inti Rp3 Triliun, Bank Capital Gelar Private Placement
Bank Capital - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Capital Indonesia Tbk. (BACAakan menambah modal melalui private placement. Rencananya bank akan menerbitkan saham baru tanpa hak memesah efek terlebih dahulu sebanyak-banyaknya 19.946.980,337 atau 19,95 miliar saham dengan nilai nominal Rp100. 

Jumlah tersebut sebanyak-banyaknya 72,14 persen dari modal ditempatkan dan modal disetor bank setelah pelaksanaan private placement. 

PT Capital Global Investama (CG Investama) akan memperkuat kepemilikan dengan menyerap pri setelah perseroan tersebut menuliskan surat penyataan akan melaksanakan pembelian PMTHMETD Bank Capital pada 11 November 2022 lalu.

CG Investama akan menyerap sedikitnya Rp300 miliar. "CG Investama juga memiliki dana yang cukup dan mampu melakukan PMTHMETD serta tidak akan menjual dan/atau mengalihkan saham yang dimiliki pihak lain selama periode PMTHMETD," pungkas manajemen Bank Capital dikutip Rabu (15/11/2022).

Secara lebih rinci, serapan dana hasil penambahan modal tanpa HMETD akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan sekaligus digunakan untuk penambahan mood guna meningkatkan nilai aktiva produk berupa kredit yang diberikan, surat berharga, penempatan pada bank lain serta penempatan pada Bank Indonesia dan aktiva produktif lainnya.

Sebagai informasi, hingga Oktober 2022 modal inti bank senilai Rp2,35 triliun. Adapun per 4 Oktober 2022, CG Investama memiliki 28,67 persen saham BACA. Masyarakat dan KPD Simas Equity Fund, masing-masing, menggenggam 61,83 persen dan 9,5 persen saham bank. 

Dalam keteratangannya, manajemen Bank Capital menyebut CG Investama memiliki 70,78 juta saham atau sekurang-kurangnya 1 persen dari saham perusahaan yang tidak dicatatkan di Bursa Efek Indonesia. 

Sementara itu, tercatat saat ini Danny Nugroho merupakan pemiliki waran seri III dengan batas akhir pelaksanaan 1 Desember 2022. Apabila Waran Seri III tidak dilaksanakan sebelum private placement, maka kepemilikan CG Investama di BACA akan melesat menjadi 49,91 persen. 

Saham publik akan terdilusi menjadi 43,42 persen dan KPD Simas Equity Fund menjadi 6,67 persen. 

Akan tetapi bila Waran Seri III dilaksanakan sebelum private placement, maka CGIInvestama akan mengantongi 79,48 persen saham BACA. Masyarakat menjadi 15,83 persen, sedangkan KPD Simas Equity Fund dan saham hasil pelaksanaan Waran Seri III, masing-masing 2,43 persen dan 2,26 persen. 

Demi memuluskan rencana penambahan modal inti lewat skema PMHMETD, Bank Capital telah menetapkan rencana bisnis kepada Pengawas OJK melalui surat No. 574/BCI DIR/VI/2022 tertanggal 30 Juni 2022.

Nantinya, aksi penambahan modal lewat skema private placement Bank Capital akan dilakukan setelah mendapatkan istirahat dari pemegang saham pada 16 November 2022 dalam agenda rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank capital indonesia perbankan modal inti
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top