Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

AJB Bumiputera 1912 Punya Aplikasi BPInfo Pantau Antrean Klaim, Masih Berlaku?

Aplikasi BPInfo yang dapat diunduh di Playstore menampilkan antrean pemegang polis AJB Bumiputera 1912.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 08 Desember 2022  |  17:18 WIB
AJB Bumiputera 1912 Punya Aplikasi BPInfo Pantau Antrean Klaim, Masih Berlaku?
Pejalan kaki melintas di dekat gedung Wisma Bumiputera di Jakarta. Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Persoalan kepastian klaim Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 telah menggantung sedikitnya 5 tahun terakhir. 

Para pemegang polis yang didominasi oleh kalangan guru dan masyarakat kecil bertanya–tanya akankah perusahaan asuransi jiwa tertua di Tanah Air itu mampu membayar klaim? Secercah harapan sempat mengemuka ketika pada era Direktur Utama Dirman Pardosi menjalankan klaim dan dilakukan tiga kali pembayaran pada minggu keempat Februari 2020 sampai dengan Maret 2020. 

Untuk memantau klaim ini, para pemegang polis memantau nomor antreannya melalui aplikasi BPInfo. Akan tetapi, setelahnya klaim kembali macet dan tidak lagi ada pergerakan di aplikasi BPInfo. 

Wacana pencairan klaim berdasarkan antrean kembali mengemuka. Dalam Sidang Luar Biasa (SLB) Badan Pertimbangan Anggota Asuransi Jiwa Bersama (BPA AJB) Bumiputera 1912 pada 29 November – 1 Desember 2022 lalu, para pemegang putusan tertinggi dalam perusahaan asuransi mutual satu–satunya di Indonesia itu menerbitkan enam keputusan termasuk menunjuk direksi baru. 

Rapat yang sama juga menetapkan, AJB Bumiputera 1912 akan mulai melakukan pembayaran klaim kepada pemegang polis pada 2023. 

Juru Bicara BPA AJB Bumiputera 1912 RM. Bagus Irawan menyebutkan perusahaan akan mulai melakukan pembayaran pada tahap pertama pada Februari 2023, yang kemudian diikuti tahap kedua pada Februari 2024.

“Sistem pembayaran ini akan dilakukan berdasarkan antrean per wilayah yang telah ada secara proporsional dan sesuai dengan ketersediaan dana perusahaan,” jelasnya.

Ditanyakan lebih lanjut mengenai mekanisme pendaftaran antrean, Bagus menyebutkan menjadi kewenangan direksi untuk menjalankan teknisnya. 

"Terkait hal teknis sudah bukan ranah BPA, manajemen yang akan melaksanakannya," katanya menambahkan pada Senin (5/12/2022). 

Bisnis kemudian mengkonfirmasi kepada Sekretaris Perusahaan AJB Bumiputera Hery Darmawansyah mengenai keberadaan BPInfo apakah masih dapat jadi rujukan dalam antrean klaim bagi pemegang polis. 

Apalagi secara bersamaan, Bumiputera 1912 telah menutup sejumlah kantor cabang yang selama ini melayani nasabah. 

Menjawab pertanyaan Bisnis, menurut dia, saat ini belum terdapat aturan teknis mengenai sistem antrean pembayaran klaim yang direncanakan pada Februari 2023 mendatang jika perusahaan memiliki uang. Demikian juga mengenai kelangsungan sistem BPInfo. 

"Terkait hal tersebut [penggunaan BPInfo untuk antrean] akan ada pemberitahuan secara resmi, mohon ditunggu," katana kepada Bisnis, yang dikutip Kamis (8/12/2022). 

Dalam catatan Bisnis, Penggunaan sistem antrean mulanya tertuang dalam Peraturan Direksi AJB Bumiputera 1912 NO.PE.1/DIR/I/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Mekanisme Pengelolaan Sistem Antrean Klaim. 

Pada aturan yang ditetapkan pada 20 Januari 2020 itu nasabah harus melakukan pengajuan klaim terlebih dahulu untuk melakukan pengajuan klaim atas polis asuransinya. Berdasarkan salinan peraturan yang Bisnis peroleh, mekanisme antrean berdasarkan kepada pelayanan lamanya pengajuan klaim atau first in first served

Artinya, nasabah yang mengajukan klaim lebih awal akan memperoleh layanan lebih cepat. Nomor antrean sendiri berdasarkan kantor wilayah. Untuk klaim setelah 1 Januari 2020, antrean klaim ditempatkan setelah gelombang awal.  Manajemen juga menetapkan klaim dengan nominal terkecil akan menjadi prioritas penomoran antrean pada tanggal yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ajb bumiputera 1912 asuransi jiwa
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top