Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Boleh Nggak Sih Beli Rumah Lewat KPR? Nih Jawaban Lo Kheng Hong!

Simak jawaban investor saham Lo Kheng Hong soal boleh atau tidak beli rumah menggunakan skema KPR.
Ilustrasi membeli rumah dengan skema KPR/Freepik
Ilustrasi membeli rumah dengan skema KPR/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Investor saham kawakan Lo Kheng Hong buka suara soal startegi pembelian rumah dengan kredit kepemilikan rumah atau KPR. 

Menurutnya, tidak ada salahnya membeli rumah dengan KPR. Pasalnya, bagi orang-orang yang tidak mampu membeli rumah secara tunai, membeli rumah dengan KPR justru mempermudah mereka untuk memiliki rumah lantaran bisa dicicil.

Namun, pria yang dijuluki Warren Buffet Indonesia itu mengatakan untuk membeli rumah tentu saja perlu mempertimbangkan berbagai macam hal, antara lain penghasilan per bulan

Jika memang tidak memiliki uang yang banyak, Lo Kheng Hong sangat merekomendasikan untuk membeli rumah dengan KPR lantaran harga tanah dan rumah terus naik setiap tahunnya.

“Tentu saja boleh, karena kalau kita mau kumpulkan uang sedikit demi sedikit nggak terkejar, karena uang kita baru terkumpul 10 persen, rumahnya naik lagi 10 persen. Jadi supaya terkejar gimana? Beli dengan utang bank,” kata Lo Kheng Hong dalam podcast yang disiarkan kanal Youtube WinMax Gallery, dikutip Sabtu (10/12/2022).

Saat ditanyai apakah lebih baik menyewa rumah atau membelinya, Lo Kheng Hong menjawab semuanya kembali lagi kepada masing-masing individu.

Jika orang tersebut mampu menggandakan uang seperti Warren Buffett, dia menyarankan untuk menyewa rumah terlebih dahulu.

“Ketika dia muda, dia butuh uang untuk modal kerja. Sebagai investor saham, dia bisa gandakan uang berlipat-lipat, maka dia menunda membeli rumah, dia sewa terus. Tapi apakah Anda punya kemampuan seperti Warren Buffet?” tanya dia.

Bagi orang-orang yang tak memiliki kemampuan layaknya Warren Buffett, Lo Kheng Hong menyarankan untuk membeli rumah daripada menyewa rumah.

“Tapi kalau Anda punya kemampuan seperti Warren Buffet, oke juga. Tergantung, dia punya kemampuan nggak. Kalau punya kemampuan yang hebat lebih baik sewa, kalau tidak lebih baik beli,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper