Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Nataru, Bank Mandiri (BMRI) Siapkan Uang Tunai Rp21 Triliun

Berikut strategi Bank Mandiri (BMRI) untuk mengantisipasi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), khususnya terkait uang tunai.
Petugas menyusun tumpukan uang di Cash Pooling Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (23/6/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Petugas menyusun tumpukan uang di Cash Pooling Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (23/6/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menyiapkan dana sebesar Rp21 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan transaksi atau uang tunai jelang libur Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru

Dana tersebut dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan transaksi tunai masyarakat selama 33 hari, terhitung sejak 1 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Aturridha menjelaskan jumlah dana yang disiapkan perseroan meningkat 12 persen dibandingkan dengan tahun 2021. Peningkatan alokasi seiring dengan proyeksi kenaikan transaksi ATM masyarakat.

“Kami memperkirakan transaksi nasabah pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023 akan mengalami peningkatan. Untuk itu, seluruh kantor cabang kami pun juga akan tetap beroperasi normal untuk melayani nasabah” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (15/12/2022)

Rudi menyampaikan bahwa perseroan juga telah mengantisipasi puncak transaksi nasabah, baik di ATM maupun electronic data capture (EDC) pada libur Nataru. Total ATM Bank Mandiri yang kini beroperasi mencapai 13.026 mesin di seluruh Indonesia.

Selain itu, lanjutnya, transaksi melalui mesin EDC diperkirakan meningkat. Hal ini mengingat adanya pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan yang merayakan Hari Raya Natal, serta acara Hari Belanja Nasional atau Harbolnas.

“Mengintisipasi hal ini, Bank Mandiri telah menyediakan jaringan EDC yang digunakan oleh lebih dari 338.601 mitra merchant untuk mendukung transaksi nontunai nasabah,” tutur Rudi.

Rudi juga menginformasikan bahwa emiten berkode saham BMRI ini turut menambah jam operasional untuk layanan transaksi Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan BI-RTGS di kantor cabang.

Layanan SKNBI dan BI-RTGS di Bank Mandiri dapat dilakukan sampai dengan pukul 15.00 waktu setempat dan khusus untuk layanan penyetoran penerimaan negara pada 30 Desember 2022, diperpanjang hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Sementara itu, akses transaksi SKNBI dan BI-RTGS via aplikasi Livin’ by Mandiri pada periode 1 – 21 Desember 2022 diperpanjang hingga pukul 15.25 WIB.

Adapun pada periode 22 – 29 Desember 2022 diperpanjang hingga pukul 16.25 WIB dan pada 30 Desember 2022 bakal diperpanjang sampai dengan pukul 20.55 WIB

Rudi menambahkan bahwa BMRI juga telah memastikan kesiapan jaringan elektronik banking, seperti super app Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri, SMS Banking, serta call center 14000 untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper