Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Beli Saham BRI (BBRI) Sehingga Dapat Dividen Interim Rp8,63 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. (BBRI) mengumumkan siap bagikan dividen interim tahun buku 2022 sebesar Rp57 per saham atau setara Rp8,63 triliun.
Menara Brilian dari Bank BRI./Istimewa
Menara Brilian dari Bank BRI./Istimewa

Bisnis.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BBRI mengumumkan akan membagikan dividen interim sebesar Rp8,63 triliun. Dengan membagi jumlah saham yang beredar, maka dividen interim BBRI 2022 menjadi Rp57 per lembar saham.

"PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. dengan ini mengumumkan kepada pemegang saham rencana pembagian dividen interim tahun buku 2022 sesuai dengan keputusan rapat direksi dan persetujuan dewan komisaris perseroan. Berdasarkan laporan keuangan yang berakhir pada 30 September 2022, Perseroan akan membagikan Dividen Interim Tahun Buku 2022 sebesar Rp57 per lembar saham ," jelas manajemen BBRI, Jumat (30/12/2022).

Adapun, cara mendapatkan dividen interim dari BBRI adalah memiliki saham perseroan saat tanggal cum date. Perinciannya, cum date di pasar reguler dan negosiasi pada 9 Januari 2023 dan cum dividen pasar tunai pada 11 Januari 2023. Sedangkan proses pembayaran dividen interim akan dilaksanakan pada 27 Januari 2023 mendatang yang akan dibagikan kepada pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan di PT Kustodian Efek Indonesia (KSEI) pada penutupan perdagangan atau recording date pada 11 Januari 2023 mendatang.

Lebih lanjut mengenai tata cara pembayaran dividen interim, nantinya setiap pemegang saham yang sahamnya dimasukkan dalam penitipan kolektif KSEI, maka pembayaran dividen interim akan dilaksanakan melalui KSEI dan didistribusikan ke rekening dana nasabah pada periode pembayaran yakni 27 Januari 2023.

Sementara, bagi pemegang saham yang sahamnya tidak dititipkan dalam penitipan kolektif KSEI atau diketahui sebagai pemegang saham warkat, maka pembayaran dividen interim akan didistribusikan langsung ke rekening pemegang saham warkat.

Penting menjadi catatan, pembayaran dividen interim akan dikenakan biaya pajak sebagaimana ketentuan perpajakan yang berlaku.

"Pemegang Saham Perseroan dapat memperoleh konfirmasi pembayaran dividen interim melalui perusahaan efek dan atau bank kustodian dimana pemegang saham perseroan membuka rekening efek, selanjutnya Pemegang Saham Perseroan wajib bertanggung jawab melakukan pelaporan penerimaan dividen interim termaksud dalam pelaporan pajak pada tahun pajak yang bersangkutan sesuai peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku," tandas manajemen.

Lalu bagaimana cara membeli saham BRI agar mendapatkan dividen perseroan? Berikut 4 Langkah Mudahnya:

1. Buka rekening di perusahaan sekuritas terdaftar di BEI

Perusahaan sekuritas adalah perantara jual beli saham. Dengan kata lain, jika hendak membeli atau menjual saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) harus menggunakan jasa perusahaan sekuritas atau bisa juga disebut broker saham. 

2. Isi data diri yang sesuai saat membuka rekening dana nasabah (RDN) di sekuritas

Rekening dana nasabah (RDN) merupakan rekening yang dimiliki oleh semua investor untuk melakukan transaksi jual beli di pasar modal. Tahapan-tahapan dalam membuka RDN atau rekening dana nasabah adalah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti KTP dan NPWP bagi WNI dan paspor untuk WNA.  Selanjutnya, membuka rekening di bank yang bekerja sama dengan perusahaan sekuritas yang dipilih. 

Isi formulir dan semua informasi yang dibutuhkan sebelum menyetorkan deposito awal pada RDN tersebut. Nilai awal setoran di bank sekuritas berbeda. Akan tetapi sejumlah perusahaan sekuritas menerima saldo minimal Rp100.000. 

Saat memilih sekuritas, pastikan sudah mempelajari biaya yang dibebankan kepada nasabah. Baik biaya jual dan beli, ataupun kemungkinan beban administrasi tahunan. Pilih yang paling sesuai dengan fasilitas yang diberikan berbanding biaya yang nasabah tanggung.

3. Pilih saham yang akan kamu beli seperti BRI

Keputusan membeli dan menjual saham sepenuhnya keputusan investor. Termasuk membeli saham BRI yang akan membagikan dividen interim pada Januari 2023 mendatang.

Transaksi bisa menggunakan aplikasi milik sekuritas ataupun melakukan telpon manual ke kantor broker saham.

4. Ikuti training dan edukasi di pasar modal

Cari jadwal training dari sekuritas kamu untuk mengarahkan cara bertransaksi dan melancarkan transaksi kamu agar kamu semakin handal dari waktu ke waktu. Biasanya sekuritas juga memberikan training gratis dan layanan konsultasi untuk komunitas nasabahnya melalui grup whatsapp atau telegram. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Alifian Asmaaysi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper