Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukopin (BBKP), Bank Banten (BEKS), hingga BTN (BBTN) Bakal Gelar RUPSLB Awal 2023, Simak Jadwalnya!

Lima emiten bank akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada awal tahun 2023. Berikut daftarnya!
Karyawan beraktivitas di salah satu kantor cabang Bank Banten di Jakarta, Rabu (6/10/2021). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di salah satu kantor cabang Bank Banten di Jakarta, Rabu (6/10/2021). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Lima emiten bank akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada awal tahun 2023. Beberapa di antaranya akan meminta restu terkait perubahan susunan pengurus hingga penambahan modal melalui skema rights issue.

Kelima bank itu adalah PT Bank Ina Perdana Tbk. (BINA), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN), PT Bank IBK Indonesia Tbk. (AGRS), PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (BEKS), dan PT KB Bukopin Tbk. (BBKP).

Berikut daftar emiten bank yang gelar RUPSLB sepanjang Januari 2023:

  1. Bank Ina Perdana (BINA)

Bank yang dikuasai oleh Grup Salim ini akan menggelar RUPSLB pada 9 Januari mendatang. Rapat akan diselenggarakan di Gedung Ariobimo Sentral, Kuningan, Jakarta Selatan, mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.

Agenda rapat akan meminta persetujuan terkait dengan perubahan anggota direksi perseroan. Hal ini seiring dengan pengunduran diri Direktur Retail Banking Bank Ina Perdana Budijanto Soedarpo. Pengunduran diri ini efektif mulai 31 Desember 2022.

  1. Bank BTN (BBTN)

Bank spesialis pembiayaan hunian, BBTN akan menyelenggarakan RUPSLB pada 11 Januari mendatang. Rapat yang akan berlangsung di Menara BTN mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai ini akan meminta persetujuan perubahan susunan pengurus.

Sebagaimana diketahui, anggota Dewan Komisaris Bank BTN yakni Heru Budi Hartono telah dilantik sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta mulai 17 Oktober 2022. Berdasarkan ketentuan, jabatan Heru sebagai komisaris BBTN resmi berakhir sejak tanggal pelantikan tersebut.

  1. Bank IBK Indonesia (AGRS)

Bank yang dikendalikan oleh Industrial Bank of Korea ini akan menggelar RUPSLB pada 25 Januari 2023. Sejauh ini perseroan belum menginformasikan lokasi, waktu, dan agenda rapat.

Meski demikian, dalam keterbukaan informasi sebelumnya, AGRS memiliki rencana untuk menggelar rights issue maksimal 13,81 miliar lembar saham dengan nilai nominal Rp100 per saham. Persetujuan aksi korporasi tersebut akan diambil melalui RUPSLB.

  1. Bank Banten (BEKS)

Bank Banten akan menggelar RUPSLB pada 25 Januari mendatang. Rapat kemungkinan besar membahas agenda tentang persetujuan aksi penambahan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

Berdasarkan pemberitaan Bisnis pada 20 Desember 2022, BEKS berencana menerbitkan saham sebanyak-banyaknya 10 persen dari jumlah yang ditempatkan dan disetor penuh atau mencapai 5,18 miliar saham. Saham tersebut akan memiliki nilai nominal Rp50 per unit saham.

  1. Bank KB Bukopin (BBKP)

Perseroan akan menggelar RUPSLB pada akhir bulan ini atau tepatnya pada 31 Januari 2023. Meski tidak disebutkan dalam keterbukaan informasi, rapat kemungkinan besar membahas persetujuan aksi penawaran umum terbatas atau rights issue.

Bank, yang saham mayoritasnya dipegang oleh Kookmin Bank tersebut telah merilis rencana korporasi yakni rights issue dengan menerbitkan maksimal 120 miliar saham. Langkah ini bertujuan menjaga daya saing perseroan dalam lanskap industri perbankan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper