Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Apa Itu Asuransi dan Jenis-jenisnya

Saat seseorang membeli asuransi maka mereka membeli perlindungan terhadap kerugian finansial yang tidak terduga. Kenali jenis asuransi.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 26 Januari 2023  |  01:16 WIB
Apa Itu Asuransi dan Jenis-jenisnya
Asuransi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Asuransi merupakan cara untuk mengelola risiko. Ketika seseorang membeli asuransi maka mereka membeli perlindungan terhadap kerugian finansial yang tidak terduga.

Tidak hanya itu, asuransi juga dapat membantu nasabah membayar hal-hal rutin, seperti pemeriksaan medis dan kunjungan ke dokter gigi. Perusahaan asuransi menegosiasikan diskon dengan penyedia layanan kesehatan, sehingga nasabah membayar tarif diskon tersebut.

Di sisi lain, polis asuransi merupakan  kontrak tertulis antara pemegang polis (orang atau perusahaan yang mendapatkan polis) dan penanggung (perusahaan asuransi).

Pemegang polis belum tentu tertanggung.  Seorang individu atau perusahaan dapat memperoleh polis asuransi (menjadikan mereka pemegang polis) yang melindungi orang atau entitas lain yang diasuransikan.

Misalnya, ketika sebuah perusahaan membeli asuransi jiwa untuk seorang karyawan, karyawan tersebut adalah tertanggung, dan perusahaan adalah pemegang polis.

Lalu, bagaimana asuransi mengurangi risiko finansial dari kejadian tidak terduga?

Contohnya ketika seseorang mengalami kecelakaan mobil. Apabila memiliki polis asuransi mobil yang tepat, perusahaan asuransi akan membayar biaya perbaikan mobil dikurangi dengan deductible atau bagian yang harus pemegang polis bayar.

Bagaimana cara kerja polis asuransi?

Polis asuransi sering berlaku untuk jangka waktu tertentu.  Hal teeeebut dapat disebut sebagai istilah kebijakan.  Di akhir jangka waktu tersebut, pemegang polis perlu memperbarui polis atau membeli yang baru.

Dengan beberapa jenis asuransi, seseorang dapat memilih penerima manfaat, orang yang ingin Anda terima manfaat atau pembayaran polisnya.Saat seseorang membeli polis asuransi, bagian dari tanggung jawab Anda termasuk membayar biaya yang disebut premi.

Beberapa premi dibayar bulanan, seperti asuransi kesehatan.  Lainnya mungkin dibayar sekali atau dua kali setahun, seperti asuransi mobil atau pemilik rumah.  Biaya premi Anda umumnya tergantung pada seberapa besar risiko Anda terhadap perusahaan asuransi.

Jenis-jenis asuransi

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan mungkin menjadi salah satu produk asuransi paling populer. Produk ini memberikan jaminan kepada tertanggung terkait biaya pelayanan kesehatan seperti biaya rawat inap, biaya operasi, hingga biaya obat-obatan.

Asuransi tersebut bukan Indemnity yang artinya tidak dapat mengembalikan posisi keuangan sesaat sebelum terjadinya kerugian. Perusahaan mengganti sesuai kemampuan, siapa yang mampu membayar lebih besar akan mendapat manfaat lebih besar begitu juga sebaliknya.

2. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan merupakan produk asuransi yang memberikan perlindungan kepada tertanggung saat melakukan perjalanan baik dalam maupun luar negeri. Seperti halnya ketika tertanggung sakit ketika dalam perjalanan berlibur ataupun ketika perjalanan harus dibatalkan karna n karena satu dan lain hal di tempat tujuan.

Produk asuransi ini mungkin masih asing, tetapi di beberapa negara telah mewajibkan travellwr untuk memilikinya. Misalnya saha negara-negara di Eropa dan Amerika.

Selain biaya media, asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan akan keterlambatan/ kehilangan bagasi, penundaan jadwal perjalanan hingga pembatalan penerbangan. Selain itu juga,  perlindungan terhadap rumah apabila bepergian meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang cukup lama.

 3. Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bermotor untuk memberikan perlindungan dari berbagai kejadian tidak terduga. Beberapa di antaranya tabrakan, pencurian, kebakaran, hingga bencana alam.

Asuransi ini juga menjamin risiko kendaraan bermotor pada saat berada di atas kapal untuk penyeberangan yang berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

4. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan produk yang memberikan perlindungan terhadap tertanggung dengan kondisi kerugian finansial tidak terduga karena meninggal terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama.

Asuransi tersebut dapat memberikan proteksi kepada keluarga yang ditinggalkan apabila, pemegang polis asuransi mengalami kematian atau mengidap penyakit kritis yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

5. Asuransi Rumah

Asuransi rumah merupakan produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap timbulnya kerugian akibat beberapa kerugian seperti kebakaran, tindak pencurian, hingga kerusakan akibat bencana alam.  Jenis asuransi ini diperlukan untuk melindungi rumah dari segala risiko kerugian yang dapat terjadi kapan saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi polis klaim asuransi premi asuransi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top