Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beli Emas Pegadaian Bisa Gratis Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Pegadaian menyiapkan program pembelian emas 1 gram dapat gratis iuran BPJS Ketenagakerjaan.
  KERJA SAMA BPJAMSOSTEK DAN PEGADAIAN  Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan (kedua kiri), Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan Eka Pebriansyah (kiri), dan Direktur Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) Ketenagakerjaan alias BPJamsostek Zainudin (kanan) menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada peserta di Jakarta, Rabu (8/2/2023)./Bisnis/Fanny Kusumawardhani
KERJA SAMA BPJAMSOSTEK DAN PEGADAIAN Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan (kedua kiri), Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan Eka Pebriansyah (kiri), dan Direktur Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan alias BPJamsostek Zainudin (kanan) menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada peserta di Jakarta, Rabu (8/2/2023)./Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA— Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bekerjasama dengan PT Pegadaian untuk mempermudah masyarakat mendaftar dan membayar iuran. Transaksi pendaftaran dan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan diseluruh outlet Pegadaian di Indonesia.

Adapun premi program yang dapat dibayarkan melaui outlet Pegadaian adalah Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), dan Jaminan Pensiun (JP).

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin mengatakan pihaknya kini tengah fokus untuk meningkatkan perlindungan terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pekerja informal. 

“Kita mencari UMKM dan informal itu paling banyak di mana, adanya di desa dan di pasar. Untuk pasar siapa mitra yang paling cocok untuk kerja sama, dan kita perhatikan itu ke pasar mana saja pasti ada Pegadaian,” kata Zainudin di Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta Pusat, Rabu (8/2/2023). 

Zainudin berharap dengan kerjasama tersebut pun mampu menjangkau lebih banyak pekerja informal dan UMKM. Selain itu, mempermudah pekerja untuk melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran memalui juga outlet pegadaian konvensional maupun syariah yang tersebar di seluruh kota dan kabupaten hingga ke desa-desa. 

Zainudin menambahkan bahwa jumlah pekerja aktif yang terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan berjumlah 36 juta pekerja, dan target pada tahun 2026 berjumlah 70 juta pekerja.

“Upaya-upaya untuk mempermudah pekerja dalam mendaftarkan dirinya akan terus kami kerjakan, kami harap ini akan dimanfaatkan oleh seluruh pekerja, dengan sudah mengetahui manfaat menjadi peserta, kemudian dipermudah untuk mendaftar dan melakukan pembayaran, kami berharap semua pekerja Indonesia akan menjadi peserta dan berujung kepada pekerja yang sejahtera,” tutupnya.

Di sisi lain, Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan Pegadaian Eka Pebriansyah pun bersyukur dengan adanya kerjasama tersebut. Menurutnya Pegadaian memiki lebih dari 4.500 outlet yang tersebar dari Sabang sampai Merauke 

“Kami sangat mendukung program pemerintah melalui BPJS Ketenegakerjaan. Kami ingin menjangkau tenaga kerja tenaga kerja yang mungkin belum tersentuh juga,” katanya. 

Tidak hanya itu, melalui kerjasama tersebut Eka mengatakan pihaknya juga ingin mengedukasi masyarakat untuk bisa lebih sadar berinvestasi, terutama invetasi dalam bentuk emas. 

“Makanya dalam kegiatan PKS [Perjanjian Kerjasama] kami ini salah satunya ada program bundling kalau masyarakat atau nasabah ini membeli emas mulai dari paling kecil 1 gram, saja itu nanti kita ada bundlingnya untuk free [gratis] iuran BPJS,” tutur Eka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper