Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Begini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar tidak Boros

Simak beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga ini harus kamu ketahui agar kamu tidak boros dan lebih produktif dalam mengelolanya.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 20 Februari 2023  |  18:20 WIB
Begini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar tidak Boros
Cara mengatur keuangan rumah tangga - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan yang sudah menikah wajib mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga. Karena, jika tidak dikelola dengan baik, pengeluaran bisa tidak terkendali, berapapun pendapatan yang kamu miliki. 

Banyak faktor yang mempengaruhi keuangan rumah tangga. Mulai dari kebutuhan wajib yang harus dipenuhi hingga keinginan atau konsumsi yang bersifat tambahan atau hiburan. Mengatur keuangan rumah tangga tidak hanya menjadi tanggung jawab satu orang saja.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta

  • Menentukan keinginan 
    Cara mengatur keuangan gaji 3 juta yang pertama yakni tentukan keinginan. Setiap orang dan pasangan rumah tangga pasti memiliki keinginan yang akan diwujudkan. tulis apa saja keinginan yang ingin kamu wujudkan dalam jangka waktu berapa lama. 
  • Kenali kondisi keuangan 
    Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menganalisa kondisi keuangan rumah tangga. Misalnya kamu mencatat total harta yang kamu miliki termasuk rumah, tabungan, perhiasan, toko atau yang lainnya. 
  • Menentukan prioritas 
    Jika sudah menulis keinginan yang ingin kamu capai, kamu bisa menentukan keinginan utama. Hal ini dilakukan untuk mengetahui mana saja kebutuhan prioritas berdasarkan kemampuan finansial yang kamu miliki.
  • Ubah cara berpikir tentang uang 
    Setiap pasangan memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan, tetapi kondisi finansial yang kurang stabil bisa menjadi masalah yang berujung fatal, seperti perceraian. Itulah sebabnya, penting bagi pasangan untuk mengubah mindset atau cara berpikir dan perilaku terhadap keuangan. 
  • Mencatat pengeluaran 
    Dengan mencatat pengeluaran, maka kamu akan lebih teliti Ketika membuat anggaran setiap bulannya. Kamu memahami alur pemasukan dan jumlah pengeluaran setiap bulannya. 
  • Membuat rancangan anggaran setiap bulannya
    • Kebutuhan sehari-hari 65 persen
    • Investasi dan tabungan 10 persen
    • Dana darurat 10 persen
    • Rekreasi keluarga 10 persen
    • Sedekah atau donasi 5 persen
  • Alokasi dana darurat 
    Selain untuk kebutuhan sehari-hari dan menabung, gaji sebaiknya dialokasikan untuk keperluan dana darurat. Dana darurat ditujukan untuk hal-hal yang bersifat darurat dan terjadi untuk situasi yang mendadak.
  • Terbiasa hidup hemat
    Anggaran yang sudah dibuat adalah menerapkan hidup hemat. Anggaran yang sudah dibuat adalah acuan dalam menggunakan uang. Sebaiknya mulai mengurangi pengeluaran yang sifatnya tidak penting dan mengutamakan prioritas. 
  • Memanfaatkan promo 
    Pada umumnya, marketplace online mengadakan promo di periode tertentu dengan jumlah yang cukup besar. Untuk memangkas pengeluaran, kamu bisa memanfaatkan promo. 


2. Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta

  • Beli kebutuhan pokok saja 
    Setiap belanja, kamu harus bisa mengeluarkan uang untuk membeli kebutuhan pokok saja, seperti keperluan makan, alat mandi dan sebagainya. Pasangan kamu juga harus berkontribusi dengan memenuhi tagihan listrik, pulsa atau kebutuhan lainnya. 
  • Cari penghasilan tambahan 
    Cara mengatur keuangan rumah tangga yang satu ini akan menambah cuan. Penghasilan 1 juta per bulan sangat pas-pas an dan hanya bisa mencukupi untuk kebutuhan pokok saja. Oleh karena itu, kamu bisa memenuhi kebutuhan sekunder dan memenuhi keinginan pribadimu dengan mencari sumber pendapatan tambahan. 


3. Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 7 juta

  • Hindari hutang konsumtif 
    Biasanya Ketika baru gajian ada Hasrat untuk memenuhi keinginan kita bukan kebutuhan. tanpa sadar kita menggunakan fasilitas kartu kredit atau mengambil dari anggaran gaji untuk hal konsumtif. 
  • Tabungan dan investasi 
    Mengatur keuangan rumah tangga yang ini bisa menjadi opsi yang pas. Satu hal yang penting untuk kamu adalah memiliki rencana investasi atau menabung. Alokasikan 15% dari gaji kamu untuk berinvestasi. Investasi dilakukan untuk mengembangkan jumlah uang kamu. Sementara menabung digunakan sebagai dana cadangan jika ada keperluan mendesak yang harus segera dibayarkan. 
  • Buat skala prioritas
    Kamu harus tahu mana yang termasuk ke dalam kebutuhan. Dan mana juga yang hanya keinginan. Jangan sampai kamu mementingkan untuk memenuhi keinginan kamu dibandingkan kebutuhan kamu. 


Itulah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga agar kamu lebih hemat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

keuangan Mengatur Keuangan tips gaya hidup rumah tangga penghematan gaji
Editor : Novita Sari Simamora
back to top To top