Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Saham Bank Amar (AMAR) Sempat Jatuh ke Bawah Right Issue, Tolaram Borong!

Pemegang saham pengendali PT Bank Amar Indonesia Tbk. (AMAR) yakni Tolaram Group telah agresif mempertebal kepemilikan sahamnya di AMAR sejak awal tahun ini.
Warga beraktivitas dengan latar logo PT Bank Amar Indonesia Tbk. (AMAR) di Jakarta. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga beraktivitas dengan latar logo PT Bank Amar Indonesia Tbk. (AMAR) di Jakarta. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Pemegang saham pengendali PT Bank Amar Indonesia Tbk. (AMAR) yakni Tolaram Group  agresif mempertebal kepemilikan sahamnya sejak awal tahun ini. Terbaru, Tolaram memborong 35,2 juta lembar saham AMAR.

Tolaram sendiri telah melakukan injeksi modal melalui skema rights issue pada Desember 2022 lalu. Saat itu, harga tebus saham AMAR adalah Rp280 per lembar. Sedangkan dalam transaksi pembelian saham terbaru oleh Tolaram melalui pasar modal dilakukan pada 10 April 2023 dengan harga Rp284 per lembar saham.

"Bahwa Tolaram telah membeli sejumlah 35.200.000 saham pada tanggal 10 April 2023," tulis Direktur Tolaram Navin Nahata di keterbukaan informasi dikutip pada Kamis (13/4/2023).

Dengan begitu, nilai transaksi pembelian saham AMAR itu mencapai Rp9,99 miliar. Aksi pembelian saham ini membuat nilai dan porsi kepemilikan saham Tolaram di Bank Amar semakin tebal. Sebelum transaksi, Tolaram memiliki 12,94 juta lembar saham dengan porsi kepemilikan 70,44 persen di AMAR.

Setelah transaksi, kepemilikan saham Tolaram di AMAR menjadi 12,98 miliar lembar saham dengan porsi kepemilikan 70,63 persen.

Sejak awal tahun ini, Tolaram memang tercatat rajin mempertebal kepemilikan sahamnya di AMAR yang juga beriringan dengan kejatuhan harga di bawah nilai tebus. Pada akhir Desember 2022, harga saham AMAR bertengger pada level Rp232 per lembar atau menimbulkan kerugian belum terealisasi sebesar –17,14 persen bagi investor yang menebus haknya dalam rights issue.  

Pada bulan lalu, Tolaram juga telah melakukan dua kali transaksi pembelian saham Bank Amar, tepatnya pada 3 Maret 2023 dan 7 Maret 2023. Nilai transaksi pembelian saham pada bulan lalu mencapai 50 juta lembar. Kedua transaksi difasilitasi oleh PT UOB Kay Hian Sekuritas.

Sebagaimana diketahui, Tolaram Group merupakan perusahaan milik T–Seven Limited. Entitas cangkang ini 100 persen memiliki Tolaram Group. Sedangkan di balik T–Seven Limited ini adalah entitas keluarga berupa discretionary trust, The Tolaram Family Trust. 

Pemilik The Tolaram Family Trust sendiri adalah Sajen Aswani, Mohan K. Vaswani, Ishk Tolaram Foundation Ltd, Vishamkar Tikamdas Adnani, Harkishin Ghanshamdas Aswani, dan Narinder Kumar Ghanshamdas Aswani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper