Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham BSI (BRIS) Melorot di Tengah Sentimen Serangan Siber, Analis Bilang Begini

Saham BSI (BRIS) terpantau melemah sepekan terakhir di tengah dugaan serangan siber ransomware.
Karyawati Bank Syariah Indonesia melayani nasabah di KC Jakarta Hasanudin, Jakarta, Selasa (2/2/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati Bank Syariah Indonesia melayani nasabah di KC Jakarta Hasanudin, Jakarta, Selasa (2/2/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam sepekan, harga saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) terpantau mengalami pelemahan usai tersentil sentimen dugaan adanya kebocoran data nasabah yang disebabkan oleh serangan siber ransomware.

Sebagaimana diketahui, usai diduga mengalami kebocoran data, pada Selasa (16/5/2023) saham BRIS melemah 6,98 persen ke level Rp1.600 per saham. Selama sepekan terakhir, saham BSI juga dalam tren pelemahan dengan penurunan sebesar 8,83 persen.

Research Analyst Infovesta Kapital Advisori Arjun Ajwani mengatakan bahwa saat ini BRIS memang sedang berada dalam downtrend koreksi harga setelah mencapai high price pada pekan lalu yang sempat menyentuh harga Rp1.810 per saham. 

"Ya pasti itu signal yang negatif karena sekarang saham tersebut berada di level support yaitu Rp1.600 [berdasarkan penutupan Rabu]. Harga support berikutnya di Rp1.580 dan support berikutnya lagi berada di level Rp1.520," jelasnya kepada Bisnis, dikutip Jumat (19/5/2023).

Arjun menambahkan investor perlu memperhatikan bahwa saat ini BRIS tengah membentuk pola double top. "Investor perlu perhatikan harga ini yaitu Rp1.520 sebagai entry point. Kalau sahamnya kuat mempertahankan di atas level tersebut setelah closing dan mulai naik lagi jumat, artinya sahamnya mulai rebound lagi dan investor bisa masuk," tambahnya.

Sementara itu, pada Senin (8/5/2023) Komisaris BSI Sutanto diketahui melepas 1,5 juta saham BRIS pada hari pertama mengalami gangguan layanan, tepatnya pada Senin (8/5/2023) pekan lalu.

Mengutip pada laporan keterbukaan informasi yang dibagikan perseroan, transaksi tersebut dilakukan pada harga Rp1.750 per saham. Angka itu dilepas di bawah harga penutupan yakni Rp1.755 per saham. Dengan demikian, Sutanto diproyeksi menyerok dana segar mencapai Rp2,62 miliar. 

Usai transaksi tersebut, kepemilikan saham Sutanto diketahui tersisa 598.800 saham dengan persentase kepemilikan menjadi 0,0013 persen.

Adapun, perseroan menjelaskan bahwa tujuan transaksi diperuntukkan untuk memenuhi keperluan keluarga dengan status kepemilikan merupakan saham langsung.

Terkait dengan dugaan serangan siber ransomware, manajemen BSI memastikan kerahasiaan data nasabah dalam kondisi aman di tengah kabar kebocoran data yang diakibatkan oleh serangan siber beberapa waktu lalu.

Corporate Secretary BSI Gunawan A. Hartono menuturkan bahwa hingga saat ini nasabah sudah dapat melakukan transaksi secara normal.

"Dapat kami sampaikan bahwa kami memastikan data dan dana nasabah aman, serta aman dalam bertransaksi. Kami berharap nasabah tetap tenang karena kami memastikan data dan dana nasabah aman, serta aman dalam bertransaksi. Kami juga akan bekerja sama dengan otoritas terkait dengan isu kebocoran data,” kata Gunawan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/5/2023).

Sejalan dengan hal tersebut, manajemen BSI turut menyampaikan komitmennya untuk terus melakukan penguatan pada sistem digital dan keamanan perbankan dengan prioritas utama yakni menjaga data dan dana nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper