Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BFI Finance Akui Ada Serangan Siber, Bagaimana dengan Data Nasabah?

Berdasarkan keterbukaan yang disampaikan kepada BEI, BFI Finance mengalami serangan siber pada 21 Mei 2023.
Nasabah menunggu antrean di kantor cabang BFI Finance di Jakarta, Selasa (7/6/2022). Bisnis/Suselo Jati
Nasabah menunggu antrean di kantor cabang BFI Finance di Jakarta, Selasa (7/6/2022). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA— BFI Finance mengakui telah mengalami serangan siber. Situs perusahaan pembiayaan tersebut hingga layanannya diketahui sempat mengalami gangguan. 

Hal tersebut berdasarkan surat yang diberikan BFI Finance kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan PT Bursa Efek Indonesia. 

“Bersama ini kami informasikan bahwa pada 21 Mei 2023, Perseroan telah mengalami serangan siber,” tulis BFI Finance dikutip dari Keterbukaan Informasi, Kamis (23/5/2023). 

Sebagai antisipasi, BFI Finance menyebut pihaknya telah melakukan temporary switch off beberapa sistem utama yang menyebabkan terganggunya layanan kepada konsumen dan sebagian kegiatan operasional Perseroan.

Perusahaan juga memastikan belum ada indikasi terjadinya kebocoran data konsumen untuk saat ini. Selain itu, BFI Finance melakukan berbagai langkah penanganan sesuai protokol penanganan. 

“Dilanjutkan dengan upaya pemulihan layanan kepada konsumen dan kegiatan operasional Perseroan secara bertahap,” tulis BFI Finance. 

Diberitakan sebelumnya, BFI Finance menyebut adanya pemeliharaan sistem pada layanannya setelah beberapa nasabah mengeluhkan gangguan. 

“Sebagaimana diinformasikan pada media sosial, kami sedang melakukan maintenance [pemeliharaan]. Maintenance yang dilakukan untk pembersihan dan peningkatan pengamanan sistem,” kata Corporate Communication Head BFI Finance Dian Fahmi saat dikonfirmasi Bisnis, Selasa (23/5/2023). 

Dengan demikian, Dian menambahkan untuk sementara pihaknya melakukan close the system dahulu untuk pemeliharaan tersebut. Dia tidak menyebutkan secara pasti kapan layanan akan bisa digunakan kembali. 

Namun, dia menambahkan untuk kebutuhan pembayaran, nasabah dapat mendatangi kantor cabang BFI Finance. 

“Seluruh pembayaran masih dapat dilakukan melalui kantor cabang kami,” imbuh Dian. 

Beberapa warganet telah mengeluhkan layanan BFI Finance di media sosial sejak 21 Mei 2023. Tidak sedikit di antara mereka yang mengaku tidak bisa melakukan pembayaran melalui merchant ataupun bank. 

“Selamat siang @BFIFinance, apakah ada gangguan pembayaran untuk pembayaran melalui merchant dan bank? Sejak kemarin tidak bisa digunakan. Mohon bantuannya. Terimakasih,” tulis warganet di Twitter 

“BFI lagi eror ya? Kok mau bayar tagihan enggak bisa-bisa ya?” kata yang lain. 

BFI kemudian melalui media sosial resmi menginformasikan bahwa pihaknya tengah melakukan pemeliharaan sistem dan jaringan. 

“Untuk terus berkomitmen melayani Anda semua, silakan hubungi kami via DM/Message untuk informasi atau pertanyaan Anda lebih lanjut,” tulis BFI Finance di Twitter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper