Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Layanan Keuangan Laku Pandai dan Dorongan Pemulihan Perekonomian

Layanan keuangan laku pandai memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan layanan perbankan.
Ilustrasi nasabah memanfaatkan layanan BRILink./Bisnis
Ilustrasi nasabah memanfaatkan layanan BRILink./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Keberadaan agen laku pandai di sekitar pemukiman warga membuat layanan perbankan dapat dilangsungkan di luar jam kerja. 

Dedi Rahman mengeluarkan empat belas lembar uang nominal Rp50.000 dari balik dompetnya. Lembaran berwarna biru itu kemudian diserahkan kepada lelaki muda penjaga kios agen BRILink. 

"Administrasinya Rp5.000 kan," ujar Dedi bertanya sambil merogoh saku kanan pada Minggu (28/5/2023) petang. 

Dedi baru saja menyelesaikan pembayaran kontrakan rumahnya di bilangan Sukaraya, Bekasi. Posisi pemilik rumah yang bermukim di wilayah berbeda, membuat Dedi memanfaatkan layanan transfer dari agen Brilink di warung dekat rumahnya.

"Sangat memudahkan," katanya ketika ditanya manfaat layanan bank tanpa kantor ini. 

Layanan yang digunakan Dedi merupakan implementasi dari program Laku Pandai. Dalam program inklusif keuangan yang dipelopori oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini, lembaga keuangan dapat merekrut masyarakat umum membentuk agen bank yang berfungsi real time layaknya kantor cabang sederhana. Masyarakat dapat membuka rekening tabungan, membayar tagihan, hingga menarik dana melalui perantara agen.

Wakil Presiden Ma’aruf Amin pada pekan lalu dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023 menekankan aksesibilitas dan keterjangkauan layanan keuangan digital perlu diperluas hingga menjangkau pelosok Tanah Air. Menurutnya, peningkatan inklusi keuangan mendorong pemulihan ekonomi nasional, berkelanjutan dan lebih merata. 

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) telah merealisasikan pembentukan Agen BRILink sebanyak 654.677 agen pada triwulan I-2023. Jumlah ini telah melewati target sepanjang tahun ini sebanyak 615.000  agen. 

Selama periode tersebut, tercatat transaksi senilai Rp339,5 triliun telah dibukukan. Nilai jumbo sebagai penanda dukungan perbankan dalam perputaran perekonomian masyarakat. 

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari dalam pernyataan tertulis menyebutkan agen laku pandai perusahaan diharapkan dapat mengedukasi masyarakat akan layanan perbankan serta dapat memaksimalkan peluang bisnis dan menjalankan usaha.

Dalam pelaksanaannya, layanan keuangan di sebelah rumah ini beroperasi sepanjang waktu bahkan dalam periode hari libur. Hadirnya Agen BRILink juga dapat memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fitur keuangan yang dibutuhkan seperti pembayaran tagihan listrik, tarik tunai, hingga setoran pinjaman.

Ke depan, dirinya menuturkan pengembangan Agen BRILink akan mengoptimalkan serta memaksimalkan perbankan digital, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih mudah dan cepat ke masyarakat luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper