Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KB Financial Umumkan Entitas Bisnis yang Menyerap Rights Issue KB Bukopin (BBKP), Tidak Ada STIC Eugene

KB Financial Group Inc. (KBFG) melaporkan rincian injeksi modal ke KB Bukopin (BBKP) oleh entitas bisnisnya. Tidak ada nama STIC Eugene.
Nasabah memperlihatkan buku tabungan di Bank KB Bukopin di Makassar, Sulawesi Selatan, belum lama ini. Bisnis/Paulus Tandi Bone
Nasabah memperlihatkan buku tabungan di Bank KB Bukopin di Makassar, Sulawesi Selatan, belum lama ini. Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Konglomerasi keuangan dari Korea Selatan, KB Financial Group Inc. (KBFG) melaporkan sejumlah rincian aksi serap saham yang dilakukan oleh entitas bisnisnya dalam menyerap Penawaran Umum Terbatas VII PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP).

Dalam pengumuman ini nama STIC Eugene Star Inc, investor baru yang menyerap 16,98 persen saham perseroan tidak termasuk sebagai bagian dari KBFG.

CGSO Senior Managing Director KB Financial Group , Cho Nam Hoon menjelaskan bahwa terdapat lima anak perusahaan langsung dan tidak langsung dari KBFG yang telah melaksanakan hak memesan efek terlebih dahulu dalam PUT VII Bank KB Bukopin.

KB Kookmin Bank Ltd. selaku pemegang saham pengendali BBKP terpantau menjadi yang paling dominan melakukan eksekusi dalam aksi PUT VII kali ini dengan total saham baru diserap sebanyak 80,17 miliar saham (80.170.875.138).

Selanjutnya, PT KB Finansia Multi Finance duduk diposisi kedua sebagai anak perusahaan KBFG yang paling besar melaksanakan aksi PUT VII dengan menyerap 540 juta saham.

Lebih lanjut, Nam Hoon menjabarkan ketiga anak perusahaan KBFG lainnya yang turut ambil bagian dalam aksi PUT VII BBKP kali ini di antaranya, PT KB Valbury Sekuritas (KB Valbury) dengan total 360 juta saham, PT Kookmin Best Insurace (KB Insurance) 180 juta saham, dan PT Sunindo Kookmin Best Finance (Sunindo KB) dengan total 120 juta saham baru.

"KBFG memegang saham secara tidak langsung melalui anak perusahaannya secara langsung yaitu KB dan anak perusahaan tidak langsung, yakni KB Valbury, KB Insurance, KB Finansia dan Sunindo KB," jelas Nam Hoon, dikutip Selasa (6/6/2023).

Dengan demikian, usai transaksi tersebut KBFG mengoleksi 126,95 miliar saham (126.955.736.951) mewakili 67,57 persen dari seluruh saham yang ditempatkan Bank KB Bukopin.

Sebelumnya, President Director BBKP Woo Yeul Lee menyampaikan, sebanyak 95 persen saham baru yang diterbitkan dalam aksi korporasi kali ini diserap oleh investor asing, salah satunya yakni sang pemegang saham pengendali KB Kookmin Bank.

"Dengan dukungan luar biasa dari KBFG melalui KB Kookmin Bank ini, kami sangat percaya diri akan bisa mengantarkan KB Bukopin untuk menjadi bank yang di cintai oleh nasabah di Indonesia,” katanya.

Dalam aksi PUT VII kali ini, BBKP menerbitkan saham baru seri B sebanyak 119,99 miliar saham baru dengan total nilai transaksi mencapai Rp11,99 triliun.

Setelah aksi korporasi, pemegang saham BBKP berubah menjadi Kookmin yang terdilusi menjadi 66,88 persen, STIC Eugene Star Inc (16,98 persen), dan publik susut dari 34 persen menjadi 16,14 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Alifian Asmaaysi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper