Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KB Finansia (Kreditplus) Rilis Obligasi Rp1 Triliun, Oversubcribed 4 Kali

KB Finansia Multi Finance (Kreditplus) menerbitkan obligasi senilai Rp1 triliun yang terbagi dalam 2 seri.
Logo PT KB Finansia Multi Finance atau Kreditplus
Logo PT KB Finansia Multi Finance atau Kreditplus

Bisnis.com, JAKARTA - PT KB Finansia Multi Finance (Kreditplus) menerbitkan obligasi senilai Rp1 triliun dengan bunga sebesar 6,20 persen dan 7,30 persen.

Obligasi tersebut terbagi menjadi 2 seri, yaitu seri A senilai Rp500 miliar dengan tenor 1 tahun dan bunga tetap 6,20 persen per tahun. Kemudian, Seri B senilai Rp500 miliar dengan tenor 3 tahun dengan bunga tetap 7,30 persen per tahun.

Obligasi yang diterbitkan anak usaha KB Kookmin Card ini mendapatkan peringkat AAA(idn) dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Direktur Keuangan KB Finansia Multi Finance Kisup Wi mengatakan pada masa bookbuilding, obligasi yang ditawarkan mendapatkan respons positif dari investor. Permintaan dari investor mencapai Rp4,08 triliun atau oversubscribed 4 kali.

Menurutnya, kelebihan permintaan ini menunjukkan adanya peningkatan investor terhadap kinerja perseroan untuk tetap sustain di tengah persaingan dan terus berkembang serta berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dibandingkan dengan awal tahun, , permintaan untuk obligasi memang mulai bangkit kembali. Kami senang telah berhasil menerbitkan obligasi yang menjadi salah satu bentuk diversifikasi pendanaan dan juga bagian dari manajemen risiko perseroan selama dua tahun berturut‐turut, walau berada dalam situasi volatilitas pasar keuangan sangat tinggi," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (20/6/2023).

Dia menambahkan dana yang didapatkan ini juga menjadi persiapan untuk menghadapi kenaikan suku bunga di masa depan dan memperkuat sumber pendanaan untuk pertumbuhan KB Finansia.

Sebagai informasi, dana yang diperoleh dari penerbitan obligasi ini akan digunakan untuk melunasi pokok utang perseroan atas Obligasi I KB Finansia Multi Finance Tahun 2022 Seri A senilai Rp686 miliar. Sisanya akan digunakan untuk pembiayaan konsumen.

Adapun, total aset KB Finansia hingga akhir Maret 2023 adalah senilai Rp8,56 triliun, naik 10,42 persen dibandingkan dengan akhir Desember 2022 senilai Rp7,76 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper