Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanda-Tanda Anda Bebas Secara Finansial

Posisi stabil atau bebas secara finansial bukan hanya dilihat dari banyaknya uang yang dimiliki, tetapi juga aspek lainnya.
Ilustrasi perencanaan keuangan atau budgeting/Freepik.com
Ilustrasi perencanaan keuangan atau budgeting/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang stabil dan bebas secara finansial. Bebas secara finansial bukan hanya memiliki banyak kekayaan, tetapi ada hal lainnya.

Lebih luas, kondisi keuangan yang stabil sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan. Stabil atau bebas secara finansial adalah saat seseorang merasa aman secara pribadi  tanpa cemas, ketika adanya ketidakstabilan ekonomi.

Posisi stabil atau bebas secara finansial bukan hanya dilihat dari banyaknya uang yang dimiliki, tetapi juga aspek lainnya. Aspek-aspek tersebut terdiri dari seberapa baik Anda mengelola sumber daya, keadaan utang, ukuran tabungan, dan kebiasaan keuangan yang dipelihara dari waktu ke waktu. Kesadaran mengenai aspek yang dimiliki dapat secara signifikan memengaruhi keputusan, rencana, dan, ketenangan pikiran Anda.

Ini tanda Anda bebas secara finansial dan simak cara melakukannya:

1. Memiliki tabungan

Memiliki tabungan adalah indikator utama stabilitas keuangan. Tabungan ini berfungsi sebagai penyangga dalam keadaan darurat dan memberikan kebebasan untuk mengejar ambisi pribadi.

Memiliki tabungan yang cukup besar dari waktu ke waktu adalah tanda seseorang berada di finansial yang stabil. Anda bisa memulai menabung dengan menyisihkan gaji yang didapat, saat hari pertama gajian.


2. Bebas dari utang, terutama utang kartu kredit

Jika tidak memiliki utang kartu kredit, itu menandakan Anda berada di kondisi keuangan yang sangat baik. Tingkat bunga yang tinggi dari utang kartu kredit dapat menciptakan lingkaran buruk pembayaran kembali.

Dengan demikian, bebas dari utang tersebut menunjukkan pengeluaran yang bertanggung jawab dan keuangan yang sehat. Untuk menghindari hutang kartu kredit, lunasi saldo Anda setiap bulan dan kurangi pengeluaran di luar kemampuan.


3. Hidup mandiri dari ‘gaji ke gaji’

Maksud dari hal ini adalah seseorang bisa tetap bertahan hidup saat ini dan tidak cemas menunggu hari gajian berikutnya. Tanda ini menunjukkan bahwa sumber keuangan tidak terbatas pada kebutuhan mendesak Anda. Kebiasaan hemat seperti memasak di rumah atau memilih hiburan yang ramah anggaran bisa membantu meringankan kehidupan finansial.


4. Menghindari penurunan pada tabungan

Anda termasuk bebas secara finansial jika memiliki kemampuan untuk melewati bulan tanpa menggunakan tabungan. Berhemat dapat membantu melalui pengeluaran yang hati-hati, membatasi pembelian impulsif, dan memprioritaskan kebutuhan daripada kemewahan.


5. Memiliki dana darurat

Dana darurat berfungsi sebagai jaring pengaman keuangan selama keadaan yang tidak terduga. Menjalani kehidupan hemat dan mengatur proporsi keuangan dapat membantu memelihara dana ini.


6. Membeli tanpa khawatir

Kemampuan untuk membeli apa yang Anda inginkan tanpa resah menunjukkan Anda berada di kondisi bebas secara finansial. Ini menyiratkan bahwa perencanaan keuangan Anda bukan pengeluaran yang berlebihan. Untuk memastikan pembelian tanpa rasa khawatir, tekankan penganggaran yang efektif, dan pengeluaran penting.


7. Tidak ada tunjangan anak atau pembayaran anak

Terakhir, kurangnya tunjangan anak atau pembayaran tunjangan dapat membawa bantuan keuangan yang signifikan. Anda masuk dalam kategori stabil secara finansial, jika Anda telah menyelesaikan hal ini. Jika memiliki komitmen ini, tangani dengan hati-hati dan terapkan gaya hidup hemat untuk menjaga keuangan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper