Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Perencanaan Keuangan untuk Pengantin Baru

Simak 5 tips perencanaan keuangan atau financial planning untuk pengantin baru.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 19 Mei 2022  |  18:58 WIB
Ilustrasi pasangan baru menikah membahas soal investasi dan perencanaan keuangan (financial planning) - Freepik
Ilustrasi pasangan baru menikah membahas soal investasi dan perencanaan keuangan (financial planning) - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Mempersiapkan perencanaan keuangan yang tepat, khususnya untuk pengantin yang baru menikah merupakan salah satu langkah untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan.

Co-Founder Lifepal Benny Fajarai mengatakan konsistensi menjadi kunci yang harus diperhatikan saat memulai perencanaan keuangan atau financial planning.

"Merancang strategi perencanaan keuangan yang cermat membantu pasangan yang baru menikah untuk mengatur pengeluaran rumah tangga sesuai dengan pemasukan," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (19/5/2022). 

Simak 5 tips perencanaan keuangan untuk pengantin baru ala Lifepal

1. Diskusikan dengan Pasangan

Sebagai pengantin baru, penting untuk terbuka satu sama lain dan melakukan percakapan yang baik tentang semua jenis biaya keuangan dan pendapatan. Anggaran untuk kebutuhan keluarga dapat diperhitungkan dengan matang bila komunikasi yang baik antarpasangan terjalin dengan baik.

2. Prioritaskan Dana Darurat

Salah satu faktor penyebab kegagalan keuangan keluarga adalah perencanaan yang buruk. Sering kali anggaran tabungan atau investasi digunakan untuk alokasi kebutuhan mendesak lainnya. Oleh karena itu, persiapkan dana darurat dengan jumlah dana darurat yang bisa didiskusikan dengan pasangan.

“Idealnya, dana darurat dapat berjumlah 3-6 kali lipat dari total penghasilan bersama dalam kurun waktu satu bulan,” ungkap Benny.

3. Biasakan Berinvestasi

Mungkin sebelum menikah, Anda dan pasangan melakukan berbagai investasi masing-masing. Namun, jika Anda sudah menikah, maka pertimbangkan untuk berinvestasi bersama. Investasi gabungan ini dapat bermanfaat untuk peningkatan dana tabungan pendidikan anak atau persiapan pensiun di masa depan.

4. Selalu Catat Keuangan

Anggaran rumah tangga sangat berguna ketika Anda ingin membuat catatan khusus untuk memantau semua arus keuangan. Catatan khusus yang mencakup semua biaya membantu Anda menyesuaikan semua transaksi dengan alokasi anggaran yang ada untuk memastikan rencana keuangan terukur.

Hal ini memungkinkan Anda dan pasangan untuk menghindari biaya yang terlalu tinggi dibandingkan dengan nilai pendapatan nantinya.

5. Persiapkan Proteksi untuk Keluarga

Proteksi seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa dapat menjadi pilihan dasar dan prioritas awal untuk dimiliki. Dengan memiliki asuransi dapat membantu meminimalkan efek dari kejadian buruk yang tidak terduga.

Oleh karena itu, Anda dapat menjalani hidup dengan tentram. Di Lifepal.co.id, kata dia, calon nasabah bisa menemukan ratusan pilihan produk asuransi mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, dan lain-lain.

"Lifepal siap dalam memberikan rekomendasi dan analisa untuk memastikan pilihan produk yang tersedia telah sesuai dengan kebutuhan serta anggaran,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

financial planning perencanaan keuangan tips investasi
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top