Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SMF Kucurkan Pembiayaan Homestay di Desa Wisata Salenrang, Maros

Sarana Multigriya Finansial (SMF) mengucurkan pembiayaan homestay senilai Rp420 juta di Desa Salenrang, Maros, Sulsel.
Penandatanganan Perjanjian Penyaluran Pembiayaan Homestay di Sulawesi Selatan, Jumat (11/8/2023)/Bisnis-Arlina Laras
Penandatanganan Perjanjian Penyaluran Pembiayaan Homestay di Sulawesi Selatan, Jumat (11/8/2023)/Bisnis-Arlina Laras

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF mengalirkan fasilitas pembiayaan homestay di Desa Salenrang Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan dengan total aliran dana sebesar Rp420 juta untuk 14 homestay.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengungkapkan penandatanganan antara SMF dengan BUMdes Appakabaji Desa Salenrang ini menjadi upaya promosi Desa Salenrang merupakan desa yang memiliki potensi wisata yang agar dapat semakin berkembang agar dapat menggerek ekonomi masyarakat.

“Kami melihat Provinsi Sulawesi Selatan memiliki banyak potensi pariwisata prioritas yang sangat menakjubkan baik yang berbasis keindahan alam, pemberdayaan masyarakat, dan ekonomi kreatif yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat lokal,” ucapnya dalam Penandatanganan Perjanjian Penyaluran Pembiayaan Homestay di Sulawesi Selatan, Jumat (11/8/2023).

Lebih lanjut, dia menuturkan sumber dana operasional SMF sendiri berasal dari APBN, di mana salah satu sumbernya berasal dari dana pajak yang dibayarkan masyarakat kepada negara.

"Ibu Menteri Keuangan [Sri Mulyani] menugaskan SMF sebagai alat fiskal pemerintah untuk pengembanhan desa wisata,"  sebutnya.

Melalui program pembiayaan homestay ini, dia menyebut dana dari negara tersebut dikembalikan bagi kepentingan masyarakat agar terjadi perubahan baik secara sosial maupun ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Adapun, program pembiayaan homestay merupakan salah satu inisiatif startegis SMF yang telah bergulir sejak 2018. Hingga semester I tahun 2023 telah membiayai 157 homestay di 17 desa wisata dengan total nilai pembiayaan sebesar Rp12,64 miliar.

Sebagai informasi, beberapa obyek wisata terkenal di Desa Salenrang di antaranya seperti wisata wisata Rammang-rammang yang  disebut-sebut sebagai  salah satu dari 3 wisata alam kars tercantik dan terpanjang di dunia selain di Cina dan Vietnam.

Bahkan, desa ini mendapat penghargaan baik nasional maupun internasional disematkan ke destinasi yang berada persis di Kecamatan Bontoa ini.

Baru-baru ini pada 7 Agustus lalu, Rammang-rammang dinobatkan dalam 75 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Sebelumnya Rammang-rammang juga meraih Creative Tourism Destination Award 2022, Rammang-rammang berhasil memenangkan 2 dari 3 kategori yang dipertandingkan yaitu kategori Digital dan Youth.

Terakhir, bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dapat mengajukan permohonan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat untuk kemudian diteruskan kepadan BUMdes, dianalisis dan direkomendasikan untuk mendapatkan aliran dana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper