Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Sinarmas MSIG Life Ungkap Alasan Bakal Ubah Nama jadi MSIG Life

Saat ini, asuransi Sinarmas MSIG Life masih menunggu izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk perubahan nama menjadi MSIG Life.
Logo PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (Sinarmas MSIG Life)/Google
Logo PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (Sinarmas MSIG Life)/Google

Bisnis.com, JAKARTA— PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (Sinarmas MSIG Life) sedang berproses menjadi PT MSIG Life Insurance Indonesia (MSIG Life). Sampai saat ini, perusahaan masih menunggu izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk perubahan tersebut. 

“Perubahan tersebut masih dalam proses mendapat izin dari OJK,” kata Direktur Utama Sinarmas MSIG Life Wianto Chen dalam Public Expose di Jakarta, Selasa (19/9/2023). 

Dalam kesempatan tersebut, Wianto menjelaskan bahwa perubahan nama tersebut merupakan rencana jangka menengah yang dilakukan saat pemegang saham utama Mitsui Sumitomo Insurance (MSI) dan PT Sinar Mas Multiartha melakukan initial public offering (IPO) pada 2019. 

Perubahan nama tersebut juga merefleksikan struktur pemegang sahamnya dan memantapkan sebagai perusahaan joint venture. Diketahui, Mitsui Sumitomo Insurance menggenggam saham sebesar 80 persen, PT Sinar Mas Multiartha sebesar 12,5 persen, dan publik sebesar 7,5 persen.

Selain perubahan nama ada pula perubahan logo dan alamat kantor. Sinarmas MSIG Life sebelumnya berkantor di Wisma Eka Jiwa, Lantai 8-9 Jalan Mangga Dua Raya, Jakarta Pusat. Sementara MSIG Life nantinya akan berkantor di Sinarmas MSIG Tower Lantai 6, Jl. Jenderal Sudirman Kav 21, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, perubahan nama Sinarmas MSIG Life ke MSIG Life telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar pada Selasa, (27/6/2023) di Jakarta. Kabar tersebut terungkap pada keterbukaan informasi yang dibagikan manajemen. 

“Menyetujui perubahan nama perusahaan yang semula bernama PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk menjadi PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk,” tulis manajemen dikutip dari Keterbukaan Informasi, Senin (3/6/2023). 

Sinarmas MSIG Life mencatatkan laba bersih setelah pajak senilai Rp157,96 miliar pada semester I/2023. Namun, nilai tersebut mengalami penurunan 18,43 dibandingkan dengan sebelumnya. 

Sementara itu, pendapatan premi pada semester I/2023 menurun 0,9 menjadi Rp1,26 triliun per Juni 2023.  Pada semester I/2022, Sinarmas MSIG Life memperoleh pendapatan premi Rp1,28 triliun

Sinarmas MSIG Life sebelumnya juga memutuskan untuk membagikan dividen tunai senilai Rp371,7 miliar kepada para pemegang saham untuk tahun buku 2022.

Dividen tunai yang dibagikan LIFE sebesar Rp177 per saham yang berasal dari laba bersih 2022 dan akumulasi sisa laba tahun sebelumnya akan dibagikan sebagai dividen tunai kepada para pemegang saham.

Adapun sepanjang 2022, Sinarmas MSIG Life membukukan laba tahun berjalan senilai Rp367,77 miliar. Laba yang dikantongi emiten asuransi bersandi saham LIFE itu melesat hingga 398,2 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya hanya meraup Rp73,82 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper