Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Susunan Pengurus Allianz Life Syariah

Resmi kantongi izin operasi dari OJK, bagaimana susunan pengurus Allianz Life Syariah?
Achmad K. Permana (kiri) dan Bianto Surodjo sebelum di Allianz Indonesia./JIBI-Nurul Hidayat
Achmad K. Permana (kiri) dan Bianto Surodjo sebelum di Allianz Indonesia./JIBI-Nurul Hidayat

Resmi Kantongi Izin OJK, Bagaimana Susunan Pengurus Allianz Life Syariah?

Seiring restu OJK atas izin usaha PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia maka unit usaha syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia resmi memisahkan diri alias spin-off dari sang induk.

Kepala Departemen Perizinan, Pemeriksaan Khusus dan Pengendalian Kualitas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun OJK Asep Iskandar mengatakan bahwa permohonan izin usaha PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia dilakukan dalam rangka pemisahan unit syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia.

Lantas, bagaimana susunan pengurus PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia pasca mendapat izin usaha dari OJK?

Achmad K. Permana mengatakan bahwa saat ini PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia belum melakukan kegiatan usaha perasuransian meski sudah mengantongi izin usaha dari regulator. Pasalnya, perusahaan masih memindahkan portofolio unit usaha syariah (UUS) ke Allianz Life Syariah.

Kendati demikian, Permana yang juga telah mendapatkan persetujuan OJK sebagai Direktur Utama PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia itu menyatakan bahwa perusahaan akan memulai kegiatan usaha perasuransian setelah portofolio kepesertaan UUS PT Asuransi Allianz Life Indonesia dialihkan kepada PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia.

“Susunan pengurus perusahaan akan kami umumkan setelah kegiatan usaha perasuransian PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia berjalan,” kata Permana kepada Bisnis, Rabu (20/9/2023).

Sebelumnya, Business Director Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo pernah mengatakan Allianz telah memiliki daftar calon susunan direksi hingga komisaris yang akan menjabat di Allianz Life Syariah.

Bianto menuturkan Achmad Kusna Permana yang merupakan mantan dirut di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. akan didapuk sebagai nahkoda di perusahaan asuransi syariah milik Allianz Life.

“Bila nantinya spin-off telah mendapatkan pernyataan efektif Pak Permana direncanakan untuk dapat memimpin perusahaan hasil spin-off tersebut,” ungkap Bianto kepada Bisnis, Selasa (8/8/2023).

Sebelum didapuk menahkodai PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia, berdasarkan informasi yang tersaji di akun LinkedIn miliknya, Permana pertama kali meniti karir sebagai bankir pada 1991 dengan jabatan Chief General Manager di PT Bank Bali Indonesia hingga tahun 2000.

Pada 2000—2006, Permana kembali berlabuh sebagai bankir dengan menjabat sebagai Senior Vice President (SVP) Consumer Banking Group di HSBC.

Permana juga sempat mengemban tugas sebagai Executive Vice President (EVP) Head of Syariah Banking di Bank Permata pada 2009—2013 dan menjadi Director Syariah di Bank Permata pada 2013—2017.

Selain itu, Permana sempat menahkodai di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk selama lima tahun sebagai Chief Executive Officer (CEO), tepatnya sejak 2017—2022.

Kemudian, Achmad K. Permana putar arah ke industri asuransi ke PT Asuransi Allianz Life Indonesia sebagai Managing Director Shariah sejak Februari 2023 sampai saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper