Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paylater Mandiri, Dirut BMRI Darmawan Ungkap Cara Aksesnya

Pengguna paylater di Livin Mandiri cukup menggunakan metode bayar QRIS dan memilih rekening paylater sebagai sumber dana.
Nasabah menunjukan aplikasi Livin’ by Mandiri di salah satu kantor cabang Bank Mandiri, Jakarta, Rabu (12/10/2022). Bisnis/Abdurachman
Nasabah menunjukan aplikasi Livin’ by Mandiri di salah satu kantor cabang Bank Mandiri, Jakarta, Rabu (12/10/2022). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Paylater dari Perusahaan pelat merah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) segera diluncurkan. Layanan beli sekarang bayar nanti itu dapat diakses melalui super apps perusahaan, yakni Livin by Mandiri. Nasabah yang mendapatkan fasilitas paylater cukup melakukan scan QRIS Merchant. Setelahnya pilih sumber dana Livin Paylater dan atur jangka waktunya.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan kehadiran paylater Bank Mandiri bernama Livin’ Paylater itu untuk melengkapi super apps yang perusahaan miliki.

“Paylater sudah menjadi tren di dalam lifestyle. Jadi kami menyesuaikan ekspektasi dari masyarakat, terutama dari nasabah [untuk menyediakan paylater Mandiri],” kata Darmawan di sela-sela acara The 4th Indonesia Human Capital Summit 2023 di Jakarta, Senin (6/11/2023).

Darmawan mengungkapkan dengan adanya  Livin’ Paylater maka akan semakin memudahkan nasabah dalam memenuhi gaya hidup (lifestyle). “Karena secara risk management juga sudah ada scoring model dari relationship akun yang sudah terjalin selama yang bersangkutan sudah mempunyai akun di Bank Mandiri dan menggunakan Livin’,” ujarnya.

Menurut Darmawan, paylater memiliki bisnis model yang mirip dengan kartu kredit, yaitu untuk mendukung kebutuhan ritel dan mobilisasi masyarakat untuk kebutuhan spending. Nantinya, pengguna bisa memanfaatkan paylater jika menginginkan pinjaman dalam waktu singkat.

“Sebetulnya target besarannya tetap di consumer segment. Tapi secara produk, kami nggak menargetkan angka tertentu, tapi ini melengkapi bagaimana Livin’ bisa mendukung lifestyle masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Darmawan menuturkan porsi kredit paylater tidak akan mengambil porsi kredit yang besar dari total penyaluran kredit perusahaan. “Ini hanya untuk ritel dan hanya mendukung mobilisasi sebetulnya. Jadi nggak akan terlalu besar [porsinya],” sambungnya.

Melansir dari laman resmi Bank Mandiri, Senin (6/11/2023), transaksi Livin’ Paylater Bank Mandiri dapat digunakan untuk transaksi mulai dari Rp10.000 sampai dengan maksimum Rp20 juta dan jangka waktu cicilan mulai 1 bulan hingga 12 bulan. Biaya denda keterlambatan mulai dari 4% per bulan dari tagihan tertunggak.

Livin’ Paylater menawarkan bunga pinjaman mulai dari 0% untuk tenor 1 & 3 bulan dan mulai dari 1,5% flat per bulan untuk tenor di atas 3 bulan. Sedangkan biaya admin mulai 0,25% per transaksi. Namun, biaya admin dan bunga pinjaman dapat berubah sewaktu-sewaktu.

Dalam hal pembayaran, Livin’ Paylater menggunakan konsep multiple billing sehingga tanggal jatuh tempo pembayaran untuk setiap transaksi adalah 1 bulan sejak tanggal transaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper