Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Capres Anies Janjikan BPJS Ketenagakerjaan Hingga Pembentukan Serikat untuk Ojek Online (Ojol)

Calon Presiden Anies Baswedan menyebutkan akan meminta Menteri Tenaga Kerja untuk memastikan secara regulasi kepemilikan BPJS Ketenagakerjaan bagi ojol.
Ilustrasi ojek online (ojol) saat demo. JIBI/Bisnis-Nabil Syarifudin Alfaruq
Ilustrasi ojek online (ojol) saat demo. JIBI/Bisnis-Nabil Syarifudin Alfaruq

Bisnis.com, JAKARTA - Calon Presiden (Capres) koalisi perubahan, Anies Baswedan bakal membuat program jaminan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bagi pengemudi ojek online (ojol).

Hal ini dirinya akan lakukan saat dirinya dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024-2029.

Terkait program tersebut, Anies akan mengupayakan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) untuk menggodok program tersebut.

“Bahkan dalam catatan kami semua regulasi yang terkait dengan ini harus disiapkan oleh Kementerian Tenaga Kerja. Kemenaker enggak boleh absen, justru harus hadir dan menyusun regulasi untuk para pekerja online," kata Anies dalam agenda Desak Anies edisi Buruh dan Ojol di Jiexpo Kemayoran, Senin (29/1/2024).

Anies mengatakan bahwa perlunya ada serikat pekerja. Termasuk untuk pengemudi ojol. 

Serikat tersebut nantinya akan menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi para pengemudi ojol.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu akan mengupayakan komunikasi pihak aplikator ojol dengan pemerintah. Hal ini penting karena untuk mendukung keselamatan para pengemudi.

"Pemerintah bersama-sama dengan para pelaku menyusun standar safety bagi para pengemudi ojol karena kita tahu banyak sekali kejadian kecelakaan karena tidak ada batasan jam kerja, tidak ada unsur kontrol, dan kelelahan itu sangat bisa terjadi dan ketika kelelahan terjadi potensi kecelakaan itu sangat tinggi," ucapnya.

Diketahui, Anies kembali melalukan kampanye pada hari ini, Senin (29/1/2024). Anies bakal mengawali agenda silaturahmi ke Madrasah Itqon di Cengkareng, Jakarta Barat pada 10.00 WIB.

Kemudian, pada 12.00, mantan Gubernur DKI Jakarta itu bakal menghadiri forum dialog "Desak Anies Pekerja" bersama masyarakat di JI Expo Hall A, Kemayoran. 

Pada 14.30 WIB, Anies kemudian akan melanjutkan agenda dengan menghadiri deklarasi Jejaring Rakyat Miskin Indonesia (JERAMI) di Kampung Muka, Jakarta Utara.

Agenda Anies pada kampanye hari ini akan ditutup dengan perayaan Imlek bersama Komunitas Masyarakat Indonesia Tionghoa (Komit) yang berlokasi Pantjoran Tea House, Jakarta Barat pada 16.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lukman Nur Hakim
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper