eFishery dan HSBC: Merajut Jaring Global Tanpa Batas Fisik

HSBC menjadi mitra eFishery dalam navigasi pasar internasional dan manajemen keuangan
Foto: eFishery dan HSBC: Merajut Jaring Global Tanpa Batas Fisik
Foto: eFishery dan HSBC: Merajut Jaring Global Tanpa Batas Fisik

Bisnis.com, JAKARTA - Era digital membuat batasan geografis semakin menipis karena semua hal bisa terhubung tanpa kehadiran fisik, termasuk dalam dunia bisnis. Perusahaan akuakultur asal Indonesia, eFishery, mewujudkan hal ini dengan menembus pasar global tanpa kantor fisik (branchless) di India yang dilakukan pada Oktober 2023.

Pemilik dan Pendiri eFishery Gibran Huzaifah mengungkapkan bagaimana teknologi, aplikasi digital, dan jaringan yang dikembangkan telah membantu meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan meningkatkan kualitas panen. Dengan terobosan ini, eFishery menunjukkan bagaimana era digital mengubah cara perusahaan mengglobal, menghubungkan dan melayani pasar internasional seperti layaknya bisnis lokal.

Namun, menembus pasar global tidaklah mudah. Tantangan meliputi kompleksitas rantai pasok, pembayaran internasional, perbedaan mata uang, perbedaan aturan di setiap yurisdiksi, dan zona waktu yang berbeda.

Dengan keahlian dan jaringan globalnya, HSBC menjadi mitra eFishery dalam navigasi pasar internasional dan manajemen keuangan. Kemitraan ini bukan hanya tentang pertumbuhan bisnis, tetapi juga keberlanjutan. Gibran terinspirasi oleh masalah kelaparan global dan mengembangkan teknologi akuakultur berkelanjutan. Dengan HSBC, ia berencana memperluas eFishery ke 10 negara, menggunakan kecerdasan buatan untuk memprediksi penyakit ikan dan udang, dan mengoptimalkan pangsa pasar budidaya.

Melalui pemanfaatan teknologi Internet of Things (IoT), eFishery telah menciptakan ekosistem holistik yang menghubungkan pembudidaya dengan lembaga keuangan, meningkatkan efisiensi produksi dan menghilangkan hambatan pendanaan bagi UMKM. Pada 2021, upaya ini berhasil mengurangi polusi air hingga 30%, menegaskan komitmen eFishery dan HSBC terhadap bisnis hijau berkelanjutan.

HSBC mendukung ambisi ini dengan kerangka keuangan berkelanjutan yang unik, yang berperan penting dalam operasional bisnis eFishery di India dan ekspansi globalnya. Jejaring HSBC yang ada di 50 negara di dunia makin memperkuat posisi tersebut.

Keandalan digital HSBC yang didukung oleh HSBCnet, aplikasi perbankan yang aman, intuitif, dan dapat diakses melalui berbagai perangkat, menjadi tulang punggung dalam kemitraan ini. HSBCnet dirancang untuk memenuhi kebutuhan kompleks layanan perbankan, termasuk lintas-negara. 

HSBCnet menyediakan solusi komprehensif untuk manajemen keuangan dan rantai pasokan yang sangat penting dalam lingkup global serta dilengkapi dengan fitur yang secara realtime dapat melacak pembayaran transaksi, penerimaan, likuiditas, dan perubahan nilai aset perusahaan. Dengan keamanan berlapis dari ujung ke ujung (end to end security), HSBCnet juga menyediakan fitur pelaporan yang dapat disesuaikan (customized) untuk pengaturan aliran dana dan kebutuhan rantai pasokan.

Aplikasi HSBCnet dapat dipersonalisasi, termasuk pilihan bahasa dan zona waktu, dengan navigasi yang intuitif dan mudah digunakan, dilengkapi dengan layanan dukungan (support) dalam bahasa lokal. HSBCnet juga dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen treasury perusahaan, demikian pula sistem perencanaan sumber daya (enterprise resources planning).

Pada akhirnya, cerita eFishery dan HSBC bukan hanya tentang pertumbuhan bisnis, tetapi juga tentang membangun masa depan yang berkelanjutan melalui inovasi digital, yakni HSBCnet.

Melalui HSBCnet, semua transaksi bisnis Anda bisa dilakukan dalam satu platform sehingga dapat mempermudah kegiatan operasional dan membuat Anda fokus pada bisnis yang Anda jalankan. HSBCnet memberi akses lebih cepat ke transaksi, lebih mudah melakukan pembayaran, pelacak pembayaran dan bisa diakses dari aplikasi seluler dalam sistem operasi Android dan iOS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper