Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekan Ini Diumumkan, Simak Historis Dividen Bank Mandiri, BNI, dan BCA

Setelah 2 emiten perbankan yakni Bank Mega dan BRI mengumumkan dividen pada Jumat (1/3) lalu, maka minggu depan giliran BNI, Bank Mandiri, dan BCA.
Limit transfer BCA /BCA
Limit transfer BCA /BCA

Bisnis.com, JAKARTA -- Dua emiten perbankan seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dan PT Bank Mega Tbk. (MEGA) usai menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPST) pada Jumat (1/3/2024). 

Dalam agenda RUPST tersebut, terdapat sejumlah mata acara seperti pembahasan mengenai pemanfaatan laba, termasuk untuk dividen. Sebagaimana diketahui, BRI telah memutuskan untuk memanfaatkan 80% laba tahun buku 2023 atau sebesar Rp48,1 triliun untuk dividen tunai. 

Nilai dividen tunai itu terdiri dari dividen interim tahun buku 2023 sebesar Rp12,67 triliun yang telah dibagikan BRI kepada pemegang saham pada awal tahun ini. Kemudian sisanya akan dibagikan BRI sebanyak Rp35,43 triliun. 

Adapun, nilai dividen per saham dari BRI mencapai Rp319 per saham mengacu jumlah saham yang beredar sebanyak 151,55 miliar lembar. Sebanyak Rp84 per saham telah ditebar dalam tebaran dividen interim. Lalu, sisanya menjadi Rp235 per saham.

"Atas pencapaian kinerja, dalam RUPST telah menyetujui penggunaan laba pengkonsolidasian yang diatribusikan pemilik 80% sebagai dividen atau sekurang Rp48,1 triliun," ujar Direktur Utama BRI Sunarso dalam konferensi pers pada Jumat (1/3/2024).

Sementara itu, MEGA telah memutuskan untuk membagikan dividen sebanyak 70% dari laba bersih tahun buku 2023 kepada para pemegang saham. Pada tahun lalu, Bank Mega membukukan laba bersih senilai Rp3,51 triliun.

Dividen BCA, Bank Mandiri, dan BNI

Adapun, jadwal RUPST bakal dilanjutkan oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) lalu PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) 

Nantinya, ketiga bank jumbo ini mengagendakan sejumlah mata acara dalam RUPST itu, di antaranya terkait penentuan dividen. Lantas, seperti tren pembagian dividen per tahunnya?

  • Bank Negara Indonesia (BBNI) atau BNI

Sinyal terang bahwa pesta cuan akan berlanjut datang dari BNI. Perseroan akan menggelar RUPST pada 4 Maret 2024 pukul 14.00 WIB di Ballroom - Menara BNI Lantai 6 Jalan Pejompongan Raya No. 7 Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. 

“Tanggal daftar pemegang saham yang berhak hadir dalam RUPST atau recording date telah berakhir pada 6 Februari 2024,” tulis manajemen BNI.

Melansir dari Ciptadana Sekuritas, BNI membuka ruang untuk rasio pembayaran dividen yang lebih tinggi yaitu sebesar 50% dibandingkan dividend payout ratio historisnya sebesar 20-30%. Hal ini dimungkinkan karena CAR berada pada level yang sehat yaitu 19% pada kuartal II/2023.

Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom menyampaikan bahwa pada tahun ini, BNI masih berupaya untuk memberikan imbal hasil yang optimal bagi pemegang sahamnya. 

“Tingginya rasio kecukupan permodalan juga memberikan BNI kemampuan untuk memenuhi kebutuhan ekspansi bisnis dan investasi BNI Group, serta ruang untuk pembagian dividen yang atraktif,” katanya beberapa waktu lalu, (27/11/2023). 

Adapun, secara konsolidasi BNI mencatatkan laba bersih sepanjang 2023 mencapai Rp21,11 triliun atau naik 14,2% dibanding periode yang sama tahun lalu Rp18,48 triliun sepanjang 2022. 

Dalam catatan Bisnis, BNI memberikan dividen rutin 25% dalam 5 tahun terakhir. Terjadi anomali pada tahun lalu, saat rekor baru laba tercapai perusahaan memberikan dividen sebesar 40%. 

Besaran dividen 2022 yang dibagikan pada 2023 ini berbanding dengan rasio tahun sebelumnya sebesar 24%. Artinya, dengan rentang ini, dividen BNI berkisar Rp5 triliun sampai dengan Rp8,3 triliun.  

  • Bank Mandiri (BMRI)

Bank Mandiri telah mengundang pemegang sahamnya dalam gelaran RUPST pada 7 Maret 2023 pukul 14.00 WIB di Auditorium Plaza Mandiri Lt. 3 Plaza Mandiri, Jakarta. 

Tanggal daftar pemegang saham yang berhak hadir dalam RUPST atau recording date telah berakhir pada 12 Februari 2024.

Perkiraan dividen Bank Mandiri dan BCA 2024...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper