Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Pengguna Paylater Didominasi Generasi Milenial, Kedua Gen Z

Pengguna paylater generasi milenial, yang lahir di antara tahun 1981 hingga 1996, rata-rata mencapai 6,99 juta debitur per bulan.
Ilustrasi seseorang menggunakan fitur paylater. Dok Freepik
Ilustrasi seseorang menggunakan fitur paylater. Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pefindo Biro Kredit (IDScore) mencatat pengguna layanan Buy Now Pay Later (BNPL) atau paylater didominasi oleh generasi milenial pada 2023. Generasi milenial merupakan kelompok demografi yang lahir di antara tahun 1981 hingga 1996. 

Pengguna paylater dengan kelompok usia sekitar 43–28 tahun tersebut rata-rata mencapai 6,99 juta debitur per bulan. Kemudian disusul generasi Z di mana rata-rata pengguna per bulan mencapai 4,59 juta debitur. Generasi Z sendiri merupakan mereka yang lahir pada 1997 hingga 2012. 

“Pada 2023, jumlah pengguna paylater pada generasi milenial lebih mendominasi dibandingkan Gen Z. Per Desember 2023, milenial mendominasi sebanyak 52,13% kemudian diikuti oleh Gen Z sebanyak 35%,” tutur Yohanes Arts Abimanyu, selaku Direktur Utama IDscore kepada Bisnis, Kamis (7/2/2024). 

Generasi X yang lahir pada 1965–1980 juga menggunakan layanan tersebut. Di mana jumlah pengguna paylater dengan kelompok tersebut mencapai rata-rata 1,62 juta debitur per bulan. Sementara baby boomer yang lahir antara 1946–1964 sekitar rata-rata 86.332 debitur per bulannya. 

Dari sisi tingkat kredit bermasalah, kredit macet layanan paylater mencapai Rp2,12 triliun per Desember 2023. Angka tersebut meningkat sedikit apabila dibandingkan dengan tingkat kredit macet pada November 2023 yang mencapai Rp2,08 triliun. 

Tingkat kredit macet paylater tersebut didominasi oleh generasi milenial yang mencapai Rp1,27 triliun per Desember 2023. Kemudian disusul oleh generasi Z yang mencapai Rp460 miliar, sementara gen X mencapai Rp350 miliar. 

Layanan paylater memang kini akrab menjadi salah satu akses pembayaran bagi masyarakat di Indonesia. Pengguna bisa membeli barang atau jasa dengan cara mencicil. 

Layanan ini hadir di berbagai situs dagang elektronik atau e-commerce, penyedia jasa transportasi-logistik, tiket travel, hingga pemilik dompet digital. Kini bank juga menyediakan paylater untuk akses pembayaran melalui aplikasi mobile. Beberapa penyedia layanan paylater antara lain Kredivo, Akulaku, Shopee, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper