Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Tips Kelola THR Lebaran 2024

Pendapatan dari THR dapat digunakan bagi kebutuhan mendesak setelah mengevaluasi kebutuhan finansial keluarga.
Ilustrasi THR dan Gaji ke-13 untuk PNS. Dok Freepik
Ilustrasi THR dan Gaji ke-13 untuk PNS. Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Tunjangan Hari Raya (THR) 2024 menjadi momentum yang dinanti bagi para pekerja menjelang Lebaran, terutama umat Muslim karena menjadi momen bertambahnya pendapatan. Namun, THR juga memunculkan sederet keinginan seseorang dan membuat tunjangan hari raya itu habis namun dengan manfaat yang minimal.

Perencana Keuangan Rista Zwestika mengatakan bahwa setelah menerima THR, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk memastikan pengelolaan yang bijak dan efektif. Berikut adalah beberapa tips mengelola THR Lebaran 2024.

1. Evaluasi kebutuhan dan prioritas

Rista menjelaskan bahwa langkah ini dilakukan dengan mengevaluasi kebutuhan finansial dan keluarga setelah menerima THR.

“Tentukan kebutuhan yang mendesak dan prioritas penggunaan dana berdasarkan hal tersebut,” kata Rista kepada Bisnis, Senin (25/3/2024).

2. Buat rencana anggaran

Rista menyampaikan bahwa rencana ini akan membantu masyarakat dalam mengalokasikan THR dengan lebih bijak.

Dia menjelaskan rencana anggaran dilakukan dengan cara membuat rencana anggaran yang mencakup pengeluaran sehari-hari, pembayaran tagihan, tabungan, investasi, serta hiburan atau kebutuhan lainnya.

3. Bayar utang atau cicilan

Selanjutnya, Rista menuturkan bahwa langkah ini membantu mengurangi beban finansial di masa mendatang.

“Jika Anda memiliki utang atau cicilan yang perlu dibayar, gunakan sebagian dari THR Anda untuk melunasi atau membayar sebagian dari jumlah yang terutang,” ujarnya.

4. Simpan untuk dana darurat atau investasi

Selain langkah-langkah di atas, Rista mengimbau agar sebagian THR juga disimpan untuk dana darurat atau investasi. Untuk itu, Rista menyarankan agar masyarakat mempertimbangkan untuk menyisihkan sebagian dari THR untuk tabungan darurat atau investasi.

“Dana darurat akan memberikan perlindungan keuangan jika terjadi keadaan darurat atau tak terduga. Sedangkan investasi dapat memberikan pengembalian yang menguntungkan di masa depan,” tuturnya.

5. Rencanakan hiburan atau liburan

Rista menuturkan bahwa jika seseorang berencana untuk menghabiskan sebagian dari THR untuk hiburan atau liburan, maka terlebih dahulu membuat perencanaan yang matang.

Caranya, dengan membandingkan harga, pertimbangkan diskon atau penawaran khusus, dan tetapkan anggaran yang realistis untuk kegiatan tersebut.

6. Komunikasi dengan keluarga

Berkomunikasi dengan keluarga terkait alokasi dana THR juga menjadi tips mengelola THR Lebaran 2024 dengan bijak. Caranya, pertimbangkan kebutuhan semua anggota keluarga dan tetapkan prioritas bersama untuk penggunaan dana tersebut.

7. Pantau pengeluaran

Rista menambahkan bahwa masyarakat juga harus memantau pengeluaran secara teratur pengeluaran setelah menerima THR. “Pastikan untuk tetap berada dalam batas anggaran yang telah ditetapkan dan sesuaikan rencana jika diperlukan,” imbuhnya.

8. Tetapkan tujuan keuangan jangka panjang

Gunakan kesempatan setelah menerima THR untuk menetapkan tujuan keuangan jangka panjang. Misalnya, menabung untuk pendidikan anak, pembelian properti, atau persiapan pensiun.

“Dengan memperhatikan dan melaksanakan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengelola THR dengan lebih baik dan memastikan manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka waktu yang lebih lama,” tandas Rista.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper