Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Layanan Tukar Uang Bank Indonesia Hari Ini (30/3), Cek Lokasi di Pulau Jawa

Berikut adalah lokasi kas keliling penukaran uang baru dari Bank Indonesia pada hari ini, Sabtu (30/3/2024) di Pulau Jawa.
Ilustrasi uang tunai untuk layanan kas keliling. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi uang tunai untuk layanan kas keliling. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) kembali menggelar penukaran uang Rupiah hari ini Sabtu, (30/3/2024), melalui kas keliling jelang hari raya Idulfitri.

Untuk diketahui, tingkat penukaran uang ke pecahan-pecahan kecil meningkat jelang hari raya Idulfitri. Uang yang telah ditukar tersebut nantinya akan dibagi-bagikan kepada sanak saudara saat Lebaran tiba.

Layanan ini memudahkan masyarakat dalam memperoleh uang Rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai. 

Sebelumnya, masyarakat harus mengisi data diri dan keterangan di situs PINTAR BI agar dapat menukarkan uangnya melalui kas keliling. Masyarakat nantinya dapat memiliki sendiri lokasi penukaran yang tersedia pada website PINTAR BI.

Terdapat sejumlah syarat untuk dapat menukarkan uang melalui kas keliling. Diantaranya:

  1. Penukaran hanya dapat dilakukan pada tanggal, lokasi, dan waktu yang tertera pada bukti pemesanan.

  2. Penukar wajib menunjukkan bukti pemesanan layanan penukaran kas keliling dalam bentuk digital/cetak

  3. Penukar yang akan melakukan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling harus membawa uang Rupiah dalam jumlah nominal yang pas sesuai dengan yang tertera pada bukti pemesanan.

  4. Uang Rupiah yang akan ditukarkan telah dipilah dan dikemas dengan ketentuan:a.Uang Rupiah dipilah menurut jenis pecahan dan tahun emisi, disusun searah, dan dipisahkan antara uang Rupiah yang masih layak edar dengan uang Rupiah tidak layak edar.b.Tidak menggunakan selotip, perekat, lakban, atau steples untuk mengelompokkan atau menggabungkan uang Rupiah.

Bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang baru di kas keliling BI, berikut informasi penukaran uang baru di Pulau Jawa pada Sabtu (30/3/2024).

  • Lokasi Layanan Tukar Uang DKI Jakarta

1. Istora Senayan, Jakarta Pusat (Pukul 13.00-14.00 WIB)

Jl. Pintu Satu Senayan No.1, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

  • Lokasi Layanan Tukar Uang Banten dan Jawa Barat

Melansir laman PINTAR BI, BI pada hari ini Sabtu (30/3/2024) tidak melayani penukaran uang baru melalui kas keliling di wilayah Banten dan Jawa Barat. Kas keliling akan kembali beroperasi pada Senin (1/4/2024). 

  • Lokasi Layanan Tukar Uang Jawa Tengah 

Sama halnya dengan Banten dan Jawa Barat, penukaran uang Rupiah melalui kas keliling di wilayah Jawa Tengah akan kembali dilaksanakan mulai Senin (1/4/2024).

  • Lokasi Layanan Tukar Uang Jawa Timur

1.Convention Center Grand City Mall, Surabaya 

Jl. Walikota Mustajab No. 1, Ketabang, Genteng, Surabaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper