Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taspen Umumkan Jadwal Pembayaran Gaji 13, Ada Pembatasan untuk Rangkap Jabatan

Taspen menyebutkan pembayaran gaji ke-13 yakni masuk ke rekening pesera per 3 Juni 2024.
Antrian nasabah di salah satu cabang PT Taspen./dok. Taspen
Antrian nasabah di salah satu cabang PT Taspen./dok. Taspen

Bisnis.com, JAKARTA - PT Taspen melalui akun media sosial resminya, pada Senin, 3 Mei 2024, mengumumkan informasi terbaru mengenai pembayaran gaji ketiga belas bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan penerima pensiun. Pembayaran gaji ke-13 ini dijadwalkan akan dilakukan mulai 3 Juni 2024.

Apa Itu Gaji Ketiga Belas? Gaji ketiga belas adalah tambahan pendapatan yang diberikan oleh pemerintah kepada PNS dan penerima pensiun setiap tahun. Tujuan dari pemberian gaji ketiga belas ini adalah untuk membantu meringankan beban finansial penerima, terutama menjelang tahun ajaran baru bagi yang memiliki anak yang masih bersekolah. Gaji ketiga belas mencakup berbagai komponen yang biasanya ada dalam gaji bulanan reguler, seperti pensiunan pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tambahan penghasilan.

Komponen Gaji ke-13 terdiri dari pensiunan pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tambahan penghasilan. Gaji ke-13 tidak dikenakan potongan, baik untuk iuran maupun kredit pensiun. Satu-satunya potongan yang berlaku adalah pajak penghasilan, sesuai dengan regulasi yang ada.

Selanjutnya, bagi penerima pensiun yang berasal dari aparatur negara dan juga menjabat sebagai pejabat negara, gaji ketiga belas akan dibayarkan hanya satu kali, yaitu yang paling besar. Sementara itu bagi pensiunan dan pensiun janda/duda maka pembayaran tersebut akan diberikan untuk kedua status.

Taspen juga mengingatkan para penerima untuk waspada terhadap penipuan yang mungkin terjadi sehubungan dengan pembayaran gaji ke-13 ini. Mereka menekankan pentingnya mendapatkan informasi resmi langsung dari sumber terpercaya dan tidak memberikan data pribadi kepada pihak yang tidak dikenal.

Dengan informasi ini, diharapkan para PNS dan penerima pensiun dapat merencanakan keuangan mereka dengan lebih baik, serta tetap waspada terhadap potensi penipuan. Taspen terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan memastikan hak-hak penerima terlindungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper