Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Tunjuk 7 Nama Pansel untuk Cari Calon Pengarah BPJS 2024-2029

Seleksi DJSN dimulai seiring terbitnya Keppres Nomor 40/M Tahun 2024 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Anggota DJSN Masa Jabatan Tahun 2024-2029
Pegawai melayani nasabah di kantor BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta, Senin (4/3/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai melayani nasabah di kantor BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta, Senin (4/3/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA— Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk tujuh orang panitia seleksi (Pansel) untuk mencari para pengarah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). 

Seperti diketahui, untuk melakukan monitoring BPJS, presiden dibantu oleh Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN). Dalam seleksi kali ini maka pansel akan mencari anggota DJSN untuk periode 2024-2029. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 40/M Tahun 2024 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional Masa Jabatan Tahun 2024-2029 yang diteken Jokowi pada 13 Juni 2024. 

Ketujuh nama tersebut terdiri atas Isa Rachmatarwata, selaku ketua merangkap anggota, dan Taufik Hidayat, selaku wakil ketua merangkap anggota. Serta Andie Megantara, Subiyanto, Jerry Marmen, Timboel Siregar, Rahma Iryanti sebagai anggota. 

Timboel mengungkap panitia seleksi nantinya bertugas untuk menyeleksi pendaftar yang masuk. Mereka akan mengawal mulai dari seleksi administrasi, membuat tulisan, asesmen, tes kesehatan, hingga wawancara. 

“Nantinya ponsel akan mengirim 20 orang ke Presiden,” kata Timboel saat dihubungi Bisnis, Kamis (27/6/2024). 

Adapun 20 orang tersebut terdiri atas 12 orang calon anggota dari unsur tokoh dan/atau ahli, delapan orang calon anggota dari unsur organisasi pemberi kerja/organisasi pengusaha dan organisasi pekerja/organisasi buruh. 

Setelah itu, lanjut Timboel, Presiden akan memilih 10 orang yang akan menjadi anggota DJSN Masa Jabatan Tahun 2024–2020. Adapun lima dari unsur Pemerintah juga akan diajukan ke Presiden dan ditetapkan lima orang tersebut sebagai anggota DJSN. 

Dalam Keppres, pansel juga harus mengumumkan nama-nama calon anggota DJSN untuk mendapatkan tanggapan dan masukan dari masyarakat. Melakukan seleksi administrasi dan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon anggota DJSN. 

“Mengajukan nama-nama Calon Anggota Dewan jaminan Sosial Nasional sekaligus laporan pelaksanaan seleksi kepada Presiden melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,” tulis Keppres. 

Berikut daftar lengkap anggota Pansel DJSN 2024-2029:

Ketua merangkap Anggota: 

- Isa Rachmatarwata

Wakil Ketua merangkap Anggota: 

- Taufik Hidayat

Anggota: 

- Andie Megantara

- Subiyanto

- Jerry Marmen

- Timboel Siregar

- Rahma Iryanti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper