Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Financial Targetkan Transaksi Rp2,8 Triliun pada GIIAS 2024

Astra Financial menargetkan meraup transaksi Rp2,8 triliun pada GIIAS 2024 atau sama dengan target tahun lalu.
Booth Toyota di GIIAS 2022 yang akan diselenggarakan pada 11 Agustus sampai dengan 21 Agustus 2022 - Dok. PT Toyota Astra Motor (TAM).
Booth Toyota di GIIAS 2022 yang akan diselenggarakan pada 11 Agustus sampai dengan 21 Agustus 2022 - Dok. PT Toyota Astra Motor (TAM).

Bisnis.com, JAKARTA — Astra Financial, Divisi jasa keuangan dari PT Astra International Tbk. (ASII), membidik transaksi Rp2,8 triliun dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang yang pada 18–28 Juli 2024. 

Director in Charge Astra Financial 2 Rudy Chen mengatakan dengan kondisi makro ekonomi dan kondisi pasar mobil yang tengah melesu, pihaknya lebih ingin realistis menetapkan target.

“Harapan kami bisa lebih baik dibandingkan tahun lalu, yakni Rp2,8 trilun [GIIAS Tangeran dan Surabaya]. Di saat yang sama, kami pertimbangkan dan realistis juga dengan kondisi pasar mobil sekarang. Minimum kami bisa mencapai angka seperti tahun lalu Rp2,8 triliun,” kata Rudy dalam Media Gathering Gathering Astra Financial di Jakarta pada Senin (8/7/2024). 

Berdasarkan data Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil masih mengalami penurunan hingga Mei 2024.

Adapun, penjualan mobil secara wholesales sepanjang Januari—Mei 2024 menembus 334.969 unit, turun 21% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari 423.771 unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Penjualan retail juga lesu dengan angka 361.698 unit, turun 14,4% yoy dari 422.514. Perusahaan leasing mobil di bawah Astra Financial yakni Astra Credit Companies (ACC) dan PT Toyota Astra Financial Services (TAF) pun memasang target yang konservatif karena tantangan industri otomotif tahun ini. 

CEO ACC Hendry Christian Wong mengungkap perusahaan mampu mencatatkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 4.900 pada GIIAS tahun lalu. 

"Untuk tahun ini pun tidak terlalu jauh dari pencapaian tahun sebelumnya, kami menargetkan sampai dengan 5.000 unit kendaraan," imbuhnya. 

Hendry optimistis bahwa gelaran GIIAS bisa mendorong pembiayaan perusahaan pada kuartal III/2024 ini. Di sisi lain Presiden Direktur TAF Agus Prayitno menyebut bahwa pihaknya memiliki target yang sama dengan GIIAS tahun lalu. 

“TAF yang memberikan pembiayaan ke Daihatsu dan Lexus pada tahun lalu SPK mencapai 2.250, untuk tahun ini kira-kira sama dari tahun lalu,” ungkapnya. 

Untuk terus mendorong peningkatan transaksi dalam gelaran GIIAS kali ini, Astra Financial bersama dengan 10 unit bisnisnya pun memberikan berbagai promo menarik. Contohnya ACC, dan TAF yang memberikan promo bebas biaya admin, down payment (DP) kurang lebih 30%, angsuran dibayar di muka (ADDM) pada pembelian passenger car dengan special rate bunga mulai 0,67%. 

Kemudian, leasing motor honda PT Federal International Finance (FIF) menghadirkan penawaran secara langsung dan secara online melalui Moxa akan ada diskon angsuran Rp67.000 dan Rp167.000 untuk tipe tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper