Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisikan Tebaran Dividen Bank-Bank Jumbo (Mandiri, BNI, BRI Cs) untuk Tahun Depan

Berikut ulasan bocoran dividen dari bank besar, seperti Bank Mandiri, BNI, hingga BCA.
Ilustrasi dividen bank. Karyawan melintasi layar monitor perdagangan Indeks Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (17/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi dividen bank. Karyawan melintasi layar monitor perdagangan Indeks Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (17/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar bank telah merilis kinerja keuangan hingga paruh pertama 2024. Bank pun mulai memberikan kisi-kisi mengenai besaran dividen yang akan dibagikan kepada para pemegang saham pada tahun depan untuk tahun buku 2024. Berikut ulasan bocoran dividen dari bank besar, seperti Bank Mandiri, BNI, hingga BCA.

Kemarin, dalam public expose, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) mengisyaratkan masih akan menjadi perusahaan dengan kebijakan pembayaran dividen yang jumbo pada 2025.

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Sigit Prastowo mengatakan terkait penentuan dividen, perseroan akan terus memperhatikan tingkat permodalan yang optimal untuk mendukung pertumbuhan bisnis secara jangka panjang.

Pertimbangan ini juga menjadi bagian dari arahan kebijakan Kementerian BUMN yang menginginkan Bank BUMN dapat mendukung pertumbuhan kredit yang sehat dan agresif dengan kadar kecukupan modal yang baik.

“Kita ingin sampaikan selama lima tahun terakhir BMRI telah membagikan dividen yang baik, di mana dividend payout ratio secara konsisten kita bayarkan 60% [dari laba] dan tentu ke depan kami ingin mempertahankan level tersebut,” ujarnya, Selasa (27/8/2024).

Pada 2024 Bank Mandiri membagikan dividen senilai Rp33 triliun. Sigit menjelaskan ini menjadi nilai yang sangat besar yang dibagikan kepada seluruh pemegang saham untuk tahun buku 2023. “Yang kalau kita hitung [dividen 2024] yield-nya itu sebesar 6,5%,” ujarnya.

Ke depan, Sigit menyampaikan perseroan akan mempertahankan konsisten kinerja Mandiri grup untuk dapat terus meningkatkan value kepada stakeholder khususnya ke pemegang saham supaya BMRI dapat memberikan dividen sekaligus harga saham yang baik.

Bisikan Tebaran Dividen Bank-Bank Jumbo (Mandiri, BNI, BRI Cs) untuk Tahun Depan

Karyawan melayani nasabah di salah satu kantor cabang Bank Mandiri di Jakarta. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Berdasarkan catatan Bisnis, BMRI membagikan dividen senilai Rp33,03 triliun atau Rp353,95 per saham kepada pemegang sahamnya pada awal tahun ini atau untuk tahun buku 2023. Nilai tersebut mencapai 60% dari laba bersih perseroan pada 2023.

Dalam rangkaian public expose di hari yang sama, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau BTN (BBTN) juga mengungkapkan rencana dividen Tahun Buku 2024 pada 2025.

Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu menjelaskan bahwa pemberian dividen pada masa mendatang akan didasarkan pertimbangan rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) bank. Jika bank memerlukan lebih banyak modal untuk ekspansi kredit atau alasan lainnya, biasanya rata-rata dividend payout ratio pada level 20%.

“Tapi kalau kita lagi merasa bahwa kita perlu naikkan dividend payout dengan pertimbangan tertentu, kita akan naikkan sama pemerintah. Tapi most likely sih saya kasih guidance saja 20%-25% lah pasti. Sekitaran segitulah BTN,” ujarnya.

Selain itu, untuk bisa memberikan dividen yang lebih tinggi kepada pemegang saham, pihaknya terus berusaha menjaga laba agar tetap stabil meskipun biaya dana (cost of fund) meningkat signifikan dengan mendorong pertumbuhan fee based.

Nixon juga menyebutkan bahwa bank juga berhasil mendorong kenaikan kinerja syariah dengan serta terus mendorong memperbaiki kualitas kredit dengan target rasio kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL) di bawah 3% pada akhir tahun, yang diharapkan dapat menurunkan cost of credit.

Sebagai nformasi, BTN membagikan 20% laba untuk dividen pada 2024 atas kinerja tahun 2023. Dalam RUPS yang diselenggarakan (6/3/2024) pemegang saham menyetujui membagikan Rp700,19 miliar atau Rp49,89136 per saham yang akan dibagikan dalam bentuk dividen kepada pemegang saham.

Dengan besaran dividen ini, maka pemerintah menerima sekitar Rp420,11 miliar sebagai pemilik 60% saham BTN, sedangkan sisanya menjadi hak pemegang saham publik. Tercatat, laba bersih sepanjang 2023 yang didapat diatribusikan kepada entitas induk Rp3,5 triliun, saldo laba ditahan yang tidak dibatasi penggunaannya Rp3,66 triliun, dan total ekuitas Rp30,48 triliun.

Bank BUMN lainnya, yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) juga telah memberikan kisi-kisi pembagian dividen untuk tahun buku 2024. Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraini mengatakan terkait penentuan dividen, pihaknya akan terus mempertimbangkan kondisi permodalan yang ada.

Dia juga menyampaikan perseroan berpotensi mempertahankan rasio pembagian dividen 50% dari laba bersih kepada para investor. “Dividen belum [diputuskan], tapi enggak akan turunlah dari tahun lalu. Kurang lebih kan kita mesti lihat kondisi capital. Kalau tahun lalu 50% [dari total laba bersih], ya tetap kita jaga 50% seperti tahun lalu,” ujarnya usai agenda Indonesia Women in Finance Conference, Kamis (15/8/2024)

Pada awal April 2024, BNI memutuskan menebar dividen sebesar Rp10,45 triliun kepada pemegang sahamnya. Besaran dividen ini yaitu 50% dari total laba bersih tahun buku 2023, yang senilai Rp21,11 triliun.

Dengan jumlah saham beredar mencapai 37,29 miliar lembar, maka nilai dividen per saham BNI sebesar Rp280,49 per saham. Nilai dividen BNI saat itu naik dibandingkan tahun lalu, di mana BNI menebar Rp7,3 atau 40% dari total laba bersih tahun buku 2022.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper