Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chubb Life Insurance Catat Premi Rp1,43 Triliun per Agustus 2024

Asuransi Chubb Life Insurance terus menggenjot pendapatan premi lewat produk baru.
Karyawati beraktivitas di dekat logo-logo perusahaan asuransi umum di Jakarta, Rabu (24/7/2024). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati beraktivitas di dekat logo-logo perusahaan asuransi umum di Jakarta, Rabu (24/7/2024). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan asuransi, PT Chubb Life Insurance Indonesia atau Chubb Life Indonesia mencatatkan pertumbuhan kinerja pendapatan premi hingga Agustus 2024.

Mengutip laporan keuangan bulanan nonkonsolidasi per Agustus 2024, Chubb Life Indonesia mencatat pendapatan premi neto sebesar Rp1,38 triliun tumbuh 42,13% secara tahunan (year-on-year/YoY) dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp973,37 miliar.

Pendapatan tersebut terdiri atas pendapatan premi yang melonjak 46,22% menjadi Rp1,43 triliun per Agustus 2024. Adapun, premi reasuransinya turun dari Rp25,02 miliar menjadi Rp17,67 miliar.

Perseroan juga mencatatkan kenaikan Cadangan Atas Premi Yang Belum Merupakan Pendapatan (CAPYBMP) menjadi Rp32,13 miliar dari posisi penurunan CAPYBMP sebesar Rp17,79 miliar.

CAPYBMP adalah sejumlah dana yang harus dibentuk untuk menggambarkan bagian dari premi yang masa asuransinya belum dijalani.

Dari sisi beban, klaim dan manfaat yang dibayarkan juga meningkat 36,47% menjadi Rp752,73 miliar pada Agustus 2024, dari Rp551,31 miliar pada Agustus 2023.

Adapun, klaim reasuransi turun menjadi Rp11,21 miliar dari Rp28,63 miliar. Sementara itu, terjadi kenaikan cadangan premi menjadi Rp97,2 miliar dan penurunan cadangan klaim sebesar Rp3,16 miliar. Dengan begitu, jumlah beban klaim dan manfaat naik 48,31% menjadi Rp835,56 miliar YoY.

Seiring dengan pertumbuhan jumlah beban yang lebih tinggi dari pada pendapatan premi neto, Chubb Life Indonesia memilih menambah produk baru demi menggenjot pendapatan preminya.

Presiden Direktur Chubb Life Indonesia, Kumaran Chinan mengumumkan peluncuran produk Premier MyLife Time Protection, yang dirancang untuk memberikan perlindungan asuransi kecelakaan dan jiwa yang komprehensif untuk nasabah di setiap tahap kehidupan mereka.

"Kami memahami bahwa nasabah ingin merencanakan masa pensiun yang aman secara finansial dan tanpa kekhawatiran. Produk baru ini tidak hanya memenuhi kebutuhan perlindungan terhadap nasabah dan komunitas kami, tetapi juga memungkinkan mereka untuk mengejar impian dan tujuan hidup nasabah di setiap tahap kehidupan sambil menciptakan warisan bagi keluarga dan generasi mendatang," jelasnya, Sabtu (5/10/2024).

Produk terbarunya berupa asuransi jiwa seumur hidup yang memberikan perlindungan untuk kematian akibat penyakit atau kecelakaan, serta memberikan manfaat tambahan berupa 200% dari nilai pertanggungan asuransi dalam bentuk uang tunai jika terjadi kematian akibat kecelakaan.

Produk ini juga membantu nasabah menyiapkan tabungan untuk masa pensiun dengan menyertakan manfaat hidup sebesar 15% dari Premi Tahunan yang telah dibayarkan, yang akan dibayarkan ketika Tertanggung mencapai usia 70 tahun.

Produk mencakup maturity benefit. Pemegang polis akan diberikan 200% dari total jumlah pertanggungan jika polis tetap berlaku dan masih hidup pada akhir masa periode asuransi.

Untuk memberikan fleksibilitas tambahan kepada nasabah dalam menghadapi peristiwa tak terduga dalam hidup, produknya memungkinkan nasabah untuk mengakses nilai tunai yang telah ditentukan yang dapat digunakan sebagai dukungan finansial.

Beberapa pilihan juga tersedia untuk periode pembayaran premi, yang memungkinkan nasabah memilih masa pembayaran premi antara 5, 15, dan 20 tahun berdasarkan kemampuan finansial mereka.

Adapun, Chubb adalah perusahaan asuransi internasional yang beroperasi di 54 negara dan wilayah, Chubb menyediakan asuransi properti dan tanggung gugat baik komersial maupun individu, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi kesehatan tambahan, reasuransi, dan asuransi jiwa bagi beragam kelompok nasabah.

Perusahaan induknya, Chubb Limited, terdaftar di Bursa Efek New York (NYSE: CB) dan merupakan komponen indeks S&P 500. Chubb memiliki kantor eksekutif di Zurich, New York, London, Paris, dan lokasi-lokasi lainnya, serta mempekerjakan sekitar 40.000 karyawan di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper