Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Penukaran Uang Receh di Medan Maksimal Rp2,5 Juta/Orang

Bisnis.com, MEDAN--Mulai hari ini, Senin (22/7/2013), masyarakat Medan sudah bisa menukarkan uang receh di Lapangan Merdeka Medan.
Sukirno
Sukirno - Bisnis.com 22 Juli 2013  |  11:25 WIB
Penukaran Uang Receh di Medan Maksimal Rp2,5 Juta/Orang
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN--Mulai hari ini, Senin (22/7/2013), masyarakat Medan sudah bisa menukarkan uang receh di Lapangan Merdeka Medan.

Namun, penukaran uang pecahan kecil (UPK) di Lapangan Merdeka Medan mulai 22 Juli-2 Agustus itu dibatasi maksimal Rp2,5 juta setiap orangnya.

Berdasarkan pantauan Bisnis dari lokasi penukaran uang, masyarakat terlihat antusias menukarkan uang receh di Lapangan Merdeka.

Terdapat 4 bank yang menyediakan layanan penukaran uang receh di hari pertama ini. Keempat bank tersebut, yakni Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank Sumut.

Bank menyiapkan empat jenis uang receh pecahan Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000.

Bagi masyarakat yang akan menukarkan uang receh di Lapangan Merdeka, disarankan untuk datang lebih pagi.
Loket penukaran dibuka sekitar pukul 09.00 WIB, dan masyarakat harus mengambil nomor antreana untuk menukar uangnya.

Bila Anda tidak membawa uang tunai, jangan khawatir karena mobil kas keliling yang disediakan perbankan bisa menggunakan transaksi non tunai melalui ATM.

Kendati demikian, dalam pengumuman yang ditempelkan di masing-masing mobil kas keliling menyebutkan penukaran uang receh dibatasi maksimal Rp2,5 juta.

"Penukaran uang pecahan Rp10.000 maksimal Rp1 juta, pecahan Rp5.000 maksimal Rp1 juta, pecahan Rp2.000 maksimal Rp400.000 dan pecahan Rp1.000 maksimal Rp100.000," tulis pengumuman tersebut.

Bank Indonesia mencatat kebutuhan uang kartal menjelang lebaran di wilayah Sumatra Utara dan Aceh mencapai Rp3,7 triliun. Kebutuhan tersebut meningkat 8,1% dibandingkan dengan lebaran tahun lalu yang mencapai Rp3,4 triliun.

BI mencatat terjadi lonjakan tajam untuk kebutuhan uang kartal di Medan sebesar 16,6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pada lebaran 2013, kebutuhan uang kartal di Medan mencapai Rp1,4 triliun dari sebelumnya Rp1,2 triliun.

Kebutuhan tersebut termasuk untuk kebutuhan ATM pada hari libur panjang lebaran, kebutuhan nasabah bank, dan kebutuhan penukaran uang pecahan kecil (UPK).

Khusus Medan, kebutuhan UPK pada lebaran kali ini mencapai Rp719 miliar atau melonjak 57% dari tahun lalu Rp457 miliar.

Sebanyak 42 loket penukaran di masing-masing bank dan penyebaran di 8 wilayah telah disiapkan untuk penukaran uang di Medan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia lebaran 2013 penukaran uang
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top