Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selama 2013, BI Catat 22 Kasus Tipibank

Bank Indonesia (BI) mengeluarkan laporan akhir tahun silam terkait tindakan perbankan (tipibank) mencapai 22 kasus pada 14 kantor bank yang diantaranya 8 kantor bank umum.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 06 Maret 2014  |  20:18 WIB
Selama 2013, BI Catat 22 Kasus Tipibank
Ilustrasi - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia mengeluarkan laporan akhir tahun lalu terkait tindakan pidana perbankan (tipibank) mencapai 22 kasus pada 14 kantor bank yang di antaranya 8 kantor bank umum.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengatakan setelah pengawasan industri perbankan pindah dari BI ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dia berharap pengawasan perbankan bisa menjadi lebih baik.

“Kini BI lebih fokus untuk mengawasi pertumbuhan kredit agar sesuai dengan permodalan bank tersebut untuk menjaga stabilitas keuangan,” ungkapnya kepada Bisnis (6/3/2014).

Tirta mengungkapkan tipibank dominan dilakukan oleh ‘orang dalam’ bank dengan memberikan kredit fiktif atau mencairkan deposito yang bukan hak miliknya. Namun, dengan pengawasan satu atap oleh OJK, maka kasus penipuan tersebut bisa semakin berkurang.

Dalam Laporan Pelaksanaan dan Wewenang BI yang disampaikan ke DPR, sepanjang 2013 investigasi dugaan tipibank telah dilakukan pada 62 kasus yang terjadi pada 35 kantor bank.

Dugaan kasus tersebut terdiri dari 35 kantor bank tersebut terdiri dari 19 kasus pada 14 kantor Bank Umum dan 43 kasus pada 21 kantor Bank Perkreditan Rakyat (BPR), baik di pusat maupun di daerah.

Selain melakukan investigasi terhadap dugaan tipibank, BI melakukan fungsi mediasi perbankan sebagai salah satu bentuk perlindungan konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia tipibank
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top