Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TARIF ASURANSI KESEHATAN: Swasta Diharapkan Turun

Perusahaan asuransi yang menjalin kerjasama koordinasi manfaat (coordination of benefit/CoB) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan didorong untuk menurunkan tarif asuransi kesehatannya.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan asuransi yang menjalin kerjasama koordinasi manfaat (coordination of benefit/CoB) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan didorong untuk menurunkan tarif asuransi kesehatannya.

Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan Fajriadinur mengatakan pihaknya berharap perusahaan asuransi dapat memberikan diskon dalam produk asuransi kesehatannya setelah melakukan kerjasama CoB.

Fajriadinur mengatakan diskon atau penurunan tarif produk asuransi kesehatan masih mungkin dilakukan oleh perusahaan asuransi karena BPJS Kesehatan turut menanggung sejumlah risiko dalam skema CoB. Artinya, risiko tidak hanya ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Menurutnya, pemberian diskon tersebut bukan berarti keuntungan yang diperoleh perusahaan asuransi kemudian bakal turun. “Penjamin utama (dalam skema CoB) adalah BPJS Kesehatan,” katanya di depan sejumlah direksi perusahaan asuransi, Rabu (25/6/2014).

Saat ini, perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan terkait skema CoB sebanyak 30 entitas. Perusahaan tersebut terdiri dari perusahaan asuransi umum dan perusahaan asuransi jiwa yang memiliki produk asuransi kesehatan.

Sebagai gambaran, dalam skema CoB di RS yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, pola pelayanan harus mengikuti sistem rujukan berjenjang. Artinya, pelayanan kesehatan harus dimulai dari fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti dokter atau pusat kesehatan masyarakat.

Dalam skema tersebut, kartu yang digunakan adalah kartu BPJS Kesehatan dan asuransi swasta. Peserta dapat menggunakan asuransi tambahan untuk fasilitas poliklinik eksekutif di rawat jalan tingkat lanjutan atau kelas perawatan VIP di rawat inap tingkat lanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper