Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Kecil Makin Agresif

Kategori bank umum kegiatan usaha (BUKU) 1 dan 2 diprediksikan bakal tumbuh di atas pertumbuhan industri perbankan.

Bisnis.com, JAKARTA--Kategori bank umum kegiatan usaha (BUKU) 1 dan 2 diprediksikan bakal tumbuh di atas pertumbuhan industri perbankan.

Berdasarkan data Bank Indonesia, kelompok BUKU 1 mencatatkan pertumbuhan kredit paling tinggi mencapai  18,4% hingga September 2014 secara year on year. Pertumbuhan fungsi intermediasi BUKU 1, sejalan dengan DPK, yakni 20,33% pada kuartal III/2014.

BUKU 1 adalah bank-bank yang memiliki modal kurang dari Rp1 triliun. Pertumbuhan kredit tertinggi kedua, disusul oleh bank-bank bermodal Rp1 triliun--Rp5 triliun yakni BUKU 2.

Hingga September 2014, BUKU 2 mencatatkan pertumbuhan kredit dan DPK masing-masing 16,99% dan 14,26% secara year on year. Sedangkan BUKU 3 mencatatkan pertumbuhan kredit dan DPK masing-masing 10,71% dan 10,33%. Serta kredit dan DPK BUKU 4 mencapai 12,72% dan 14,28% secara year on year.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah mengungkapkan kelompok BUKU 1 dan 2 melihat kesempatan yang besar untuk menyalurkan pembiayaan. Dia mengungkapkan telah terjadi pergeseran tren.

"Ada pergeseran, bank-bank besar cenderung hati-hati dan kelompok bank kecil yang memiliki kelebihan likuiditas lebih berani memberikan kredit," ungkapnya, Jumat (21/11/2014).

Halim mengungkapkan kelompok BUKU 2 yang sudah memiliki rasio pembiayaan terhadap pendanaan (loan to deposit ratio/LDR) mencapai 97% akan sulit untuk mencatatkan pertumbuhan, kecuali bank tersebut mendapatkan tambahan modal atau deposito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper