Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Branchless Banking Akhirnya Digelar Maret 2015

Bisnis.com, JAKARTAProgram laku pandai yang selama ini tengah dipersiapkan regulator dan pelaku industri perbankan nasional akhirnya bakal digelar bulan depan.
 Muliaman Hadad/Bloomberg
Muliaman Hadad/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Program laku pandai yang sedang dipersiapkan regulator dan pelaku industri perbankan nasional akhirnya bakal digelar bulan depan.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad mengatakan peraturan pelaksanaan laku pandai atau branchless banking dan Peraturan OJK (POJK) telah dikeluarkan.

Begitu pula, lanjut Muliaman, OJK sedang mengecek kepastian kesiapan sistem dan infrastruktur bank yang bakal masuk ke program laku pandai tersebut.

“Dalam waktu dekat, bulan depan mungkin akan ada launching, saya harapkan dari BRI [PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.] karena paling besar dan akan diluncurkan di salah satu provinsi di Indonesia Timur,” jelas Muliaman di Jakarta, Senin (16/2).

Nantinya, lanjut Muliaman, layanan laku pandai ini akan bersinergi dengan layanan keuangan digital (LKD) yang diinisiasi Bank Indonesia (BI). Muliaman menyebutkan, dari Rencana Bisnis Bank (RBB) 2015, pada tahap awal tahun ini, ada 17 bank dengan lebih dari 30.000 agen yang akan melayani masyarakat melalui program laku pandai tersebut.

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon mengatakan bank yang dipastikan ikut dalam layanan laku pandai  yakni bank yang telah mapan dalam sistem mobile banking dan memiliki cabang di Indonesia Timur.

Untuk jumlah agen, tambah Nelson, pihaknya masih akan melakukan negosiasi dengan perbankan untuk menambah jumlah agen layanan laku pandai tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper