Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PROGRAM LAKU PANDAI : Ini Cara Bertransaksi Ala BTPN

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk menggandeng tiga provider yakni Telkomsel, Indosat, dan XL untuk menjalankan program Laku Pandai.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk., memakai sarana telepon genggam untuk menjalankan program Laku Pandai. Bank publik itu pun menggandeng tiga provider yakni Telkomsel, Indosat, dan XL untuk menjalankan program tersebut.

Direktur Utama BTPN Jerry Ng mengatakan produk BTPN dalam menjalankan Laku pandai atau layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif ini dinamakan BTPN WOW.

"Laku Pandai diberi nama BTPN WOW karena terkait aspek keputusan masyarakat bahwa this is a good product. Kami senang diizinkan OJK untuk ikut program Laku Pandai ini," ujarnya di Gedung OJK, Kamis (26/3/2015).

BTPN mengaku telah melakukan ujicoba produk Laku Pandai ini selama 5 bulan. Hasilnya, banyak masyarakat yang tertarik dengan produk ini.

Selama ini, banyak sekali kalangan bawah yang takut untuk mendekati bank maka bank perlu mendekati nasabah melalui program ini.

"Mereka datang menabung dengan receh Rp15.000 - Rp18.000 itu jelas bahwa mereka sangat antusias untuk menabung," ucap Jerry.

Dalam menjalankan program Laku Pandai ini, BTPN menggunakan media handphone untuk memudahkan masyarakat agar bertransaksi. Nasabah dengan mudah dapat bertransaksi dengan hanya menekan tombol *247*.

"Transaksi ini tidak hanya bisa diakses smartphone saja tetapi basic traditional phone juga bisa melakukannya," katanya.

Tidak hanya itu, teknologi yang digunakan BTPN ini menggunakan Unstructured Supplementary Service Data (USSD) yang mana tidak perlu membutuhkan jaringan 3G untuk melakukan transaksi BTPN WOW ini.

Pihaknya pun mengaku telah menggandeng tiga provider besar untuk menjalankan program ini, yakni Telkomsel, Indosat, dan XL.

"Bagusnya teknologi ini dengan signal satu bar saja bisa transaksi. Kenapa penting sekali satu bar? infrastruktur masih belum merata di kota kecil. Untuk jangkau kota kecil di Indonesia Timur tidak bisa pakai smartphone yang 3G. Dengan ini desa kecil bisa dilakukan transaksi dan diakses nasabah," terang Jerry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper