Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Lokasi Penukaran Uang Receh untuk Lebaran

Bagi Anda yang ingin menukarkan uang kecil untuk digunakan selama Hari Raya Idul Fitri, Bank Indonesia membuka layanan penukaran uang.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang ingin menukarkan uang kecil untuk digunakan selama Hari Raya Idul Fitri, Bank Indonesia membuka layanan penukaran uang.

Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Yudi Harymukti mengatakan untuk penukaran uang kecil dilakukan di pusat-pusat kota seperti Lapangan Monas di Jakarta, Lapangan Merdeka di Medan dan Lapangan Gasibu di Bandung. Penukaran uang tersebut berlangsung sejak pukul 09.00-13.00 WIB.

Selain di lokasi-lokasi tersebut, Bank Indonesia juga membuka layanan penukaran uang juga diperluas baik melalui peningkatan frekuensi kas keliling di pusat-pusat kegiatan masyarakat seperti pasar, terminal, rest area, jalan tol, stasiun kereta api, pelabuhan, dan juga pos pemberangkatan mudik.

Bank sentral telah berkoordinasi dengan perbankan dan pihak lainnya untuk menggali informasi terkait dengan kebutuhan uang periode Lebaran, termasuk meningkatkan peran perbankan dalam penukaran uang kepada masyarakat.

"Kami juga berkerja sama dengan bank melalui pembukaan loket penukaran. Di Jabodetabek dengan 11 bank dan 81 kantor cabang," ujarnya di Gedung BI, Kamis (25/6/2015).

Sebelas bank tersebut yakni Bank Central Asia (BCA), Bank Internasional Indonesia (BII), Bank Jabar dan Banten (BJB), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank CIMB Niaga, Bank DKI, Bank Mandiri, Panin Bank, dan Permata Bank.

Di wilayah DKI Jakarta, penukaran dilayani oleh 62 kantor bank dengan titik lokasi penukaran terbanyak di Jakarta Pusat sebanyak 23 lokasi, diikuti Jakarta Selatan sebanyak 13 lokasi, dan Jakarta Timur sebanyak 11 lokasi.

"Untuk wilayah Bodetabek dilayani oleh 19 kantor bank," ucap Yudi.

Sementara itu, untuk layanan kas keliling dilakukan di dalam kota dengan menggunakan 5 unit mobil per hari dan untuk di luar kota yang bersifat wholesale dan retail untuk perbankan dan masyarakat di wilayah kerja kantor perwakilan wilayah provinsi Banten.

"Layanan penukaran uang kecil ini kerjasama dengan PT KAI pada lima stasiun yakni Pasar Senen, Cikini, Gambir, Tanah Abang dan Jatinegara dengan platfon yang diberikan Rp455 juta untuk lima stasiun itu," katanya.

Yudi menambahkan kegiatan kas BI tutup pada tanggal 16 Juli hingga 20 Juli 2015 selama 5 hari dan tanggal 21 Juli 2015 operasional terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper