Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Lokasi Penukaran Uang Receh untuk Lebaran

Bagi Anda yang ingin menukarkan uang kecil untuk digunakan selama Hari Raya Idul Fitri, Bank Indonesia membuka layanan penukaran uang.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 25 Juni 2015  |  19:46 WIB
Ini Lokasi Penukaran Uang Receh untuk Lebaran
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang ingin menukarkan uang kecil untuk digunakan selama Hari Raya Idul Fitri, Bank Indonesia membuka layanan penukaran uang.

Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Yudi Harymukti mengatakan untuk penukaran uang kecil dilakukan di pusat-pusat kota seperti Lapangan Monas di Jakarta, Lapangan Merdeka di Medan dan Lapangan Gasibu di Bandung. Penukaran uang tersebut berlangsung sejak pukul 09.00-13.00 WIB.

Selain di lokasi-lokasi tersebut, Bank Indonesia juga membuka layanan penukaran uang juga diperluas baik melalui peningkatan frekuensi kas keliling di pusat-pusat kegiatan masyarakat seperti pasar, terminal, rest area, jalan tol, stasiun kereta api, pelabuhan, dan juga pos pemberangkatan mudik.

Bank sentral telah berkoordinasi dengan perbankan dan pihak lainnya untuk menggali informasi terkait dengan kebutuhan uang periode Lebaran, termasuk meningkatkan peran perbankan dalam penukaran uang kepada masyarakat.

"Kami juga berkerja sama dengan bank melalui pembukaan loket penukaran. Di Jabodetabek dengan 11 bank dan 81 kantor cabang," ujarnya di Gedung BI, Kamis (25/6/2015).

Sebelas bank tersebut yakni Bank Central Asia (BCA), Bank Internasional Indonesia (BII), Bank Jabar dan Banten (BJB), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank CIMB Niaga, Bank DKI, Bank Mandiri, Panin Bank, dan Permata Bank.

Di wilayah DKI Jakarta, penukaran dilayani oleh 62 kantor bank dengan titik lokasi penukaran terbanyak di Jakarta Pusat sebanyak 23 lokasi, diikuti Jakarta Selatan sebanyak 13 lokasi, dan Jakarta Timur sebanyak 11 lokasi.

"Untuk wilayah Bodetabek dilayani oleh 19 kantor bank," ucap Yudi.

Sementara itu, untuk layanan kas keliling dilakukan di dalam kota dengan menggunakan 5 unit mobil per hari dan untuk di luar kota yang bersifat wholesale dan retail untuk perbankan dan masyarakat di wilayah kerja kantor perwakilan wilayah provinsi Banten.

"Layanan penukaran uang kecil ini kerjasama dengan PT KAI pada lima stasiun yakni Pasar Senen, Cikini, Gambir, Tanah Abang dan Jatinegara dengan platfon yang diberikan Rp455 juta untuk lima stasiun itu," katanya.

Yudi menambahkan kegiatan kas BI tutup pada tanggal 16 Juli hingga 20 Juli 2015 selama 5 hari dan tanggal 21 Juli 2015 operasional terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lebaran penukaran uang
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top