Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SURVEI PERBANKAN BI: Pertumbuhan Kredit Baru Menguat Kuartal III

Bank Indonesia menyatakan kredit modal kredit kerja masih menjadi prioritas utama perbankan dalam penyaluran kredit pada kuartal III/2015.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia menyatakan kredit modal kredit kerja masih menjadi prioritas utama perbankan dalam penyaluran kredit pada kuartal III/2015.
 
Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara mengatakan pertumbuhan triwulanan kredit baru diperkirakan menguat pada triwulan III/2015.
 
"Hal itu tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) perkiraan kredit baru kuartal III/2015 sebesar 95,7%, meningkat dari 66,7% pada kuartal sebelumnya," ujarnya dalam Survei Perbankan Kuartal II/2015, Jumat (10/7/2015).
 
Dia menuturkan optimisme peningkatan kredit baru tersebut didorong oleh perkiraan membaiknya kondisi ekonomi dan meningkatnya kecukupan modal bank.
 
Sementara itu, bila dilihat dari orientasi penggunaan kredit, perbankan lebih memprioritaskan kredit yang berorientasi ekspor dibandingkan kredit yang beroritasi impor.
 
Dia menambahkan sebanyak 70% responden menyatakan bahwa kebijakan penyaluran kredit pada kuartal III/2015 relatif sama dengan kuartal sebelumnya.
Sementara itu, sebesar 25% responden yang akan memperketat penyaluran kreditnya.
 
"Pengetatan itu lebih ditujukan untuk kredit modal kerja dan kredit investasi, sedangkan 5% responden menyatakan akan memperlonggar kebijakan kreditnya ditujukan untuk penyaluran KPR/KPA," tutur Tirta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper