Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Danamon Bakal Luncurkan Fitur Aplikasi Baru Tahun Depan

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. bakal meluncurkan fitur aplikasi elektronik channel baru tahun depan guna mempermudah layanan untuk seluruh nasabah.

Bisnis.com, JAKARTA—PT Bank Danamon Indonesia Tbk. bakal meluncurkan fitur aplikasi elektronik channel baru tahun depan guna mempermudah layanan untuk seluruh nasabah.  

Djamin Nainggolan, Senior Excecutive Vice President Consumer Asset & Alternative Channel Head Bank Danamon, mengatakan fitur ini dibuat untuk dapat menjangkau seluruh lapisan nasabah dalam rangka inklusi keuangan.

“Jangan hanya lihat yang punya smartphone, bagaimana yang punya feature phone. Mirip-mirip rekening ponsel,” katanya usai Media Workshop Danamon, Adira Finance, dan Adira Insurance, di Jakarta, Senin (7/12/2015).

Djamin mengatakan aplikasi elektronik channelyang selama ini dapat dijangkau pengguna smartphone memang memiliki peluang bisnis yang besar. Meski demikian, perbankan juga perlu dapat menjangkau segmen di luar pengguna smartphone yang jumlahnya tak kalah besar.

Menurut Djamin, saat ini penggun smartphone baru sekitar 30%. Meski diprediksi bertambah hingga 40%-50% tahun depan, masyarakat di luar pengguna smartphone pun perlu dijangkau dengan layanan yang lebih mudah.

Saat ini, kata Djamin, proses pembuatan fitur aplikasi tersebut masih dalam proses. Paling tidak, Bank Danamon bakal meluncurkan fitur ini secara resmi pada kuartal I/2016.

Adapun terkait biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan fitur aplikasi tersebut, Djamin masih belum mau menyebutkan. Namun, dia memastikan dana yang dikucurkan jauh lebih besar dari realisasi belanja modal untuk IT tahun ini.

“Bukan hanya dari dana, tetapi dari segi marketingnya bagaimana. Tantangan kita bagaimana menggunakan, bukan hanya ada,” ujarnya.

Adapun hingga saat ini, kata Djamin, total pengunduh aplikasi elektronik channel Bank Danamon sekitar 200.000. Dari total tersebut, pengguna aktif elektronik channel sebanyak 150.000 nasabah.

Menurut Djamin, selama ini pengguna elektronik channel Bank Danamon terbesar pada fitur transfer dan isi pulsa dengan persentasi 70% dari total penggunaan. Adapun sisanya terdiri dari berbagai macam layanan, seperti pembayaran TV kabel dan lainnya.

Dengan menjangkau seluruh lapisan nasabah melalui fitur elektronik channelnya ini, Djamin meyakini jumlah pengguna elektronik channel Bank Danamon dan nominal transaksinya bakal meningkat. Paling tidak, jumlah pengguna dan transaksi elektronik channel bisa meningkat tiga kali lipat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihda Fadila
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper